Riau

Warga Ziarah Kubur Saat Idul Fitri

PEKANBARU - Hari raya Idul Fitri identik dengan silaturahmi merayakan hari kemenangan. Begitu juga dengan tradisi ziarah kubur yang masih kerap dilakoni masyarakat di beberapa daerah di Riau.

Seperti yang terlihat di tempat pemakaman umum di Desa Pekan Kamis Kabupaten Indragiri Hilir, Sabtu (16/6/208). Banyak warga melakukan nyekar atau ziarah di makam sanak keluarga.

Seperti salah seorang peziarah Sarifah yang jauh-jauh dari Pekanbaru memilih mudik untuk berlebaran di kampung halaman. Momen tersebut juga dimanfaatkan untuk berziarah di makam keluarga dan kerabat.

"Tradisi ini memang sering kami lakukan. Saya bersama keluarga menyempatkan diri untuk berziarah dan mengirim doa kepada almarhum keluarga yang terlebih dahulu menghadap sang khalik," ujar warga Pekanbaru tersebut.

Menurutnya, tradisi ziara tersebut dilakukan hampir setial tahunnya. Mengunjungi kampung halaman dinilai warga yang terlihat menggunakan jilbab biru itu sejatinya tidak hanya untuk bersenang-senang. Tetapi juga mengunjungi keluarga dan kerabat yang sudah terlebih dahulu menghadap Allah SWT.

Suasana haru pun terlihat kental dalam kegiatan ziarah tersebut. Para warga juga terlihat mendoakan dan menabur bunga di makan keluarganya.(MCR)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan