Riau

Pacu Sampan Sei Tarap Berdayung Akan Jadi Event Tahunan

KAMPAR – Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun Desa Sungai Tarap yang ke-10, pemerintahan desa berkerjasama dengan masyarakat melaksanakan Kegiatan Pacu Sampan Sei Tarap Berdayung. Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana di tepian Sungai Kampar.

Kegiatan yang berpuasa wisata tersebut dibuka oleh Bupati Kampar yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar, Ir. Zulia Dharma di tepian sungai Kampar Desa Sungai Tarap Kecamatan Kampar, Sabtu sore (25/8/18).

Zulia Dharma dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Kepala Desa dan perangkat desa serta masyarakat dalam melaksanakan even pacu sampan perdana ini. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi agenda tahunan desa Sungai Tarap.

Zulia Dharma mengatakan, bahwa kedepannya perlu ada komunikasi atau  konsultasi pemerintah desa dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Kampar. Agar kegiatan yang bersipat pariwisata bisa dibantu dalam hal kegiatan iven maupun untuk hal promosinya, ungkap Zulia. 

Zulia menjelaskan, bahwa dari 250 Desa dan Kelurahan, hanya Desa Sungai Tarap yang melakukan perlombaan cabang olahraga bidang pariwisata yang digelar oleh Desa. Sejauh ini banyak dilaksanakan oleh Kelompok Sadar Wisata.

Desa Sungai Tarap diharapkan kedepan untuk mengembangkan iven pacu sampan ini serta wisata lainnya yang ada di Sungai Tarap untuk segera membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Dimana pekembangan pariwisata di Daerah jelas akan memajukan daerah, terutama dalam peningkatan ekonomi masyarakat minimal dalam hal berjualan makanan khas Kabupaten Kampar, ungkap Zulia. 

Sementara itu Kepala Desa Sungai Tarap Khairil Anwar,S.HI dalam laporannya menyampaikan, bahwa iven pacu sampan dalam rangka HUT Desa Sungai Tarap ke-10 ini diikuti oleh sebanyak 25 tim dayung. Dalam hal ini ada beberapa tim dari Desa Sungai Tarap Sendiri, kemudian ada dari Instansi atau OPD serta Tim-tim dari Desa-desa yang ada di Kabupaten Kampar.

Adapun tim-tim tersebut antara lain, Butterfly dari Lubuk Siam, Bujang kalebong Pulau Rambai, Gandester Kuok, PSKB A dan B Aur Sati, Rambo Tuan Rumah, Porkab A dan B Taratak Buluh, Gayak Lnggam A dan B Pulau Permai, Sungai Tolang Sungai Tarap, Ganting Damai Kuok.

Kemudian Alai Hilil Sungai Tarap, Puskesmas Kampa, Batobo Sungai Tarap, PSKB B Aur Sati, PT Tasma Puja Kampar, PT Agro  Nusa Kampar, Pulau Tinggi, Bunga Tanjung Lubuk Siam, Koto Perambahan, Palala, Bonca Lurah, Gagak Putih  Parit Baru serta Danto Tanjung Bungo.(mcr)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan