Ekonomi

Produk UMKM Harus Mampu Bersaing di Pasar

PEKANBARU - Pengembangan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Riau memiliki potensi untuk dikembangkan. Hal ini terlihat dengan variasi dan keunikan produk UMKM yang diproduksi dan di pasarkan ke publik.

Hanya saja, untuk dapat mengeksploitasi potensi tersebut secara positif, produk UMKM harus melakukan inovasi agar dapat bersaing di pasar. Mulai dari produksi, pengemasan dan pemasarannya.

Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi menilai, pengembangan potensi UMKM masih sangat menjanjikan. Dengan kurangnya inovasi, produk UMKM akan kalah bersaing karena produksinya tidak didukung kemasan yang baik.

“Makanya perlu pengembangan dan inovasi. Poin penting yang diperlukan adalah upaya peningkatan produksi, peningkatan kualitas pengemasan dan strategi pemasaran,” paparnya.

Bahkan, bukan tidak mungkin ke depan akan dikembangkan wadah atau rumah packaging yang bisa berfungsi tidak hanya membantu pelaku UMKM bagaimana mengemas produk olahan mereka menjadi menarik dengan nilai jual yang baik. Serta dapat berperan positif salam mengembangkan keterampilan dan inovasi pelaku UMKM di negeri ini.

Dalam mewujudkan hal tersebut Pemerintah Provinsi Riau melalui instansi terkait tentunya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat. Baik dengan alokasi dana untuk pengembangan potensi UMKM hinhga usulan untuk mempermudah standar operasional prosedur pengurusan inovasi dan pengembangan produk UMKM daerah.(MC Riau)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan