Ekonomi

Pj Gubernur Papua Tinjau Produksi Sagu di Kepulauan Meranti

MERANTI - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua tengah mempelajari industri pengolahan sagu di Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, agar kedepannya hal serupa dapat juga dikembangkan di Papua.

Penjabat Gubernur Papua Mayjend TNI (Purn) Soedarmo kini tengah berada di Kepulauan Meranti untuk meninjau hasil produksi sagu di daerah tersebut.

Rombongan Gubernur Papua tiba di Kepulauan Meranti pada Kamis (19/7) pagi, disambut langsung Bupati Kepulauan Meranti Drs H. Irwan MSi di Pelabuhan Tanjung Samak Kecamatan Rangsang.

Usai penyambutan di Tanjung Samak, rombongan kemudian bergerak menuju Desa Kepau Baru, Kecamatan Tebingtinggi Timur lokasi pabrik sagu PT Nasional Sago Prima (NSP).

Sebelumnya Plh Kepala Biro Humas dan Protokol Sekda Papua Gilberd Yakwart, mengungkapkan, Pj Gubernur Papua merasa tertarik dengan keberhasilan Pemda Kepulauan Meranti yang memproduksi sagu.

Gilberd juga menyebutkan, luas lahan sagu yang dimiliki Papua jauh lebih besar dibanding yang ada di Kepulauan Meranti sehingga seharusnya industri tersebut bisa ditumbuhkan di Papua.

"Makanya, ini yang barangkali menjadi keinginan Gubernur kepada bupati dan wali kota di Papua supaya hal ini bisa ditiru. Makanya dalam kunjungan ini Gubernur mengajak sejumlah bupati, sehingga sekembalinya ke Papua bisa menerapkan hasil study di Meranti, di daerah masing-masing," kata dia.

Gilbert pun meyakini pengolahan sagu di Papua bisa menjadi komoditas unggulan untuk menumbuhkan perekonomian Papua dari kalangan bawah dan tentu ke depan menjadi salah satu pendapatan daerah.(L6/rtm2)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan