Lingkungan

Babinsa Koramil 05/Rupat Bajak Sawah

BENGKALIS - Babinsa Koramil 05/Rupat, Kodim/0303 Bengkalis, Serda Supendi mendampingi petani mengolah lahan di Dusun Parit Joko Kelurahan Tanjung Kapal, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Jumat (29/05/2020) pagi.

 

Pengolahan lahan kali ini berupa pembajakan sawah seluas satu hektar, anggota Poktan Mekar Sari menggunakan alat mesin pertanian (Alsintan) satu unit traktor tangan (hand tractor) milik Poktan.

 

"Aktivitas pendampingan yang dilakukan merupakan upaya khusus ketahanan pangan guna meningkatkan produksi pangan sekaligus membantu petani mewujudkan swasembada pangan di wilayah," kata Supendi.

 

Pembajakan sawah ini dilakukan sebagai persiapan masa tanam berikutnya, yang rencananya akan ditanami jenis padi Varietas Ciherang.

 

Di tengah-tengah kegiatan pendampingan, Serda Supendi mengatakan pembajakan sawah ini merupakan proses pengembalian tanah guna memperbaiki sifat fisik tanah sehingga tanah lebih subur.

 

Supendi menambahkan, pengolahan lahan dengan menggunakan traktor dapat membantu menyuburkan tanah yang akan ditanami, karena dengan menggunakan traktor akan mengubah sifat fisik tanah pada lapisan atas yang semula keras menjadi gembur dan melumpur

 

"Tidak itu saja, keuntungan lain bila membajak sawah dengan traktor, maka gulma atau rumput liar akan mati terbenam dan membusuk, yang kemudian menjadi humus, sehingga tanah menjadi lebih subur dan siap ditanami," tuturnya. (budi)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan