Pemerintah Daerah

Bupati Adil Pimpin Penandatanganan Pakta Integritas ASN di Lingkungan Pemkab Meranti

Meranti - Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, melakukan penandatanganan Pakta Integritas tentang komitmen pencegahan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dan bersedia bekerja dengan baik, serta tulus melayani masyarakat, bertempat di Gedung Biru, Kantor Bupati Meranti, Kamis (18/3/2021).

Kegiatan diawali dengan Pembacaan Pakta Integritas oleh Kepala Dinas Kesehatan Meranti Dr. Misri Hasanto, diikuti oleh Pejabat Eselon II dan lainnya.

Adapun Isi dari Pakta Integritas tersebut diantaranya : 

1. Berperan secara pro aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan KKN, serta tidak melibatkan diri  dalam perbuatan tercela, 

2. Tidak meminta, atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, 

3. Bersikap transparan, jujur, objektif, dan akuntabel dalam melaksanakan tugas, 

4. Menghindari pertentangan kepentingan dalam melaksanakan tugas, 

5. Memberi contoh dalam kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dalam melaksanakan tugas, terutama kepada pegawai yang berada dibawah pengawasan masing-masing dan di lingkungan  kerja, 

6. Akan menyampaikan informasi penyimpangan integritas di Setda Kabupaten Blora serta turut serta menjaga kerahasiaan saksi atas pelanggaran peraturan yang dilaporkannya, 

7. Melaksanakan APBD dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas dalam mewujudkan birokrasi bersih dan melayani serta bebas dari korupsi dengan berorientasi pelayanan prima yang dipimpin dan disaksikan langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH - AKBP (Purn) H. Asmar.

Dimulai dengan Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Dr. H. Kamsol MM, dilanjutkan secara bergilir oleh Staf Ahli Bupati, Para Asisten Sekda dan Kepala OPD, serta Camat dilingkungan Pemkab. Meranti.

Bupati Kepulauan Meranti H.M Adil dalam sambutannya mengaku senang dan bangga atas apa yang dilakukan jajaran ASN dilingkunhan Pemkab. Meranti, karena sudah berani menandatangani pakta integritas yang berisi komitmen bersama untuk bekerja lebih baik dan jauh dari KKN. 

Menurut Bupati Adil, penandatanganan pakta integritas untuk kalangan ASN di lingkungan Pemkab. Meranti itu dalam rangka mewujudkan birokrasi bersih dan melayani serta bebas dari korupsi dengan berorientasi pelayanan prima.

Kegiatan itu, dikatakannya sekaligus sebagai perjanjian kinerja agar para ASN dilingkungan Pemkab. Meranti bisa bekerja dengan lebih baik sesuai Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati, serta sesuai dengan tujuan pembangunan yang tertuang dari RPJMD dan program kegiatan yang tersusun dalam APBD tahun berjalan. 

“Ini sebagai bukti bahwa seluruh ASN kita siap meningkatkan kualitas kinerja dan taat pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Semoga ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,"ungkap Bupati. 

Kemudian dalam kegiatan itu Bupati Adil, juga memaparkan perintah KPK yang harus dijalankan oleh Pemkan. Meranti, yakni pengamanan Aset Pemda baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak. Seperti yang saat ini dilakukan kepatuhan dalam mengumpulkan kendaraan dinas untuk di inventarisir kembali. 

Terakhir dengan Penandatanganan Pakta Integritas ini diharapkan Bupati Predikat WTP yang diraih oleh Pemkab. Meranti dalam 6 tahun secara berturut-turut dapat dipertahankan dan bermanfaat dalam meningkatkan kinerja dan penaggulangan KKN di Kepulauan Meranti. 

Sekedar informasi dalam kegiatan itu juga dilakukan pemaparan intruksi KPK untuk dilaksanakan oleh ASN dilingkungan Pemkab. Meranti yang disampaikan oleh Inspektor Meranti Drs. Suhendri. (Humas)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan