Pemerintah Daerah

Bupati Meranti Terima Kunjungan Kerja BRGM RI

MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH, bersama sejumlah Kepala OPD Dilingkungan Pemkab. Meranti menerima kunjungan rombongan Badan Restorasi Gambut dan Mangrov (BRGM-RI), bertempat dirumah Dinas Bupati, Selasa (8/6/2021).

Dalam kunjungannya rombongan BRGM-RI dipimpin oleh Deputi Bidang Konstruksi Operasi dan Pemeliharaan Dr. Tris Raditian, didampingi Kapokja Restorasi Gambut Wilayah Sumatera Ir. Soesilo Indiarto, Kasub Pokja Riau Sarjono Budi Subakti dan lainnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat tersebut, pihak BRGM-RI memaparkan berbagai program yang akan dijalankannya pada tahun 2021 ini kepada Bupati Kep. Meranti.

Diantaranya kegiatan pembangunan sekat kanal sebanyak 15 unit, Revitalisasi sumber mata pencarian masyarakat, Pemliharaan tanaman Sagu, Pengembangan Produk Sagu, Budidaya tanaman karet/kelapa/nanas, Budidaya ternak bebek petelur, dan lainnya.

Usai memaparkan program BRGM-RI yang akan dijalankan ditahun 2021 ini, selanjutnya Deputi Bidang Konstruksi Operasi dan Pemeliharaan Dr. Tris Raditian, meminta saran dan masukan dari Bupati H.M Adil serta jajaran OPD terkait usulan kegiatan yang dapat dilakukan oleh BRGM-RI dalam menjaga dan melestarikan Ekosistem Gambut di Meranti serta pengembangan ekonomi masyarakat.

Pada kesempatan itu Bupati H.M Adil, meminta kepada pihak BRGM-RI untuk menyelaraskan program BRGM dengan 7 Program Strategis Bupati dan Wakil Bupati H.M Adil-H. Asmar.

Salah satunya mendukung lestarinya lahan Gambut di Meranti dari bencana Karlahut, dengan membuat Embung yang dapat menjadi sumber air pencegah Karlahut serta budidaya ikan untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Usulan Bupati selanjutnya adalah mendukung pelaksanaan program pengadaan ternak Sapi, Kambing dan Ayam Petelur untuk mewujudkan swasembada daging. Dalam hal ini BRGM-RI dapat mengupayakan pengadaan ternak atau pengadaan pakan ternak seperti yang saat ini tengah dikembangkan oleh BRGM yakni Sapuring.

Setelah mendengarkan berbagai usulan dan masukan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, pihak BRGM-RI menegaskan siap bersinergi dengan Pemkab. Meranti dalam mendukung terwujudnya 7 Program Strategis Pemerintah. (Adv) 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan