Pemerintah Daerah

Bupati H.M Adil Tinjau Fasilitas Pengembangan Kakap Putih di Tebingtinggi Barat

MERANTI - Bupati Kep. Meranti H. Muhammad Adil SH bersama Anggota DPRD Meranti Pandumaan Siregar dan OPD terkait melakukan peninjauan Balai Pembibitan Ikan (BPI) Kakap Putih Kep. Meranti di Jl. Kemuning, Desa Gogok Darusalam, Kecamatan Tebingtinggi Barat, dengan kapasitas produksi 50 ribu bibit, Kamis (19/8/2021).

Turut mendapingi, Kepala Dinas Perikanan Meranti Eldi Syaputra, Kepala Bappeda Meranti Mardiansyah, Plt. Kepala Penanaman Modal Tunjiarto, Kepala Balai Pembibitan Ikan Meranti Adma, Bagian Prokopim dan Kominfo Meranti.

Dari keterangan pihak BPI Kep. Meranti fasilitas ini memiliki 12 kolam pembibitan dengan total produksi 50 ribu ekor, kolam pemeliharaan induk, Bak Kawin, Ruang Larva dan lainnya.

BPI Kep. Meranti ini adalah sapah satu fasilitas yang dibangun untuk mendukung program Kampung Kakap Putih Kep. Meranti dengan produksi 2700 Ton/Tahun.

Bupati H.M Adil berharap dengan potensi Kakap Putih yang sangat luar biasa ini, masyarakat Nelayan yang sebelumnya menangkap ikan dilaut dapat beralih ke budidaya Kakap Putih hal itu seiring semakin sedikitnya produksi ikan laut, sehingga terjadi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Nelayan di negeri sagu.

Seperti diketahui, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, tengah menyiapkan Kampung Kakap Putih dengan kapasitas 5.000 keramba jaring apung (KJA) yang diharapkan mampu berproduksi hingga 2.700 ton per tahun.

Program di sektor marikultur ini, lanjut Bupati H.M Adil sejalan dengan rencananya yang akan mencoba mengalihkan pola nelayan tangkap menjadi nelayan budi daya yang saat ini dinilai lebih menjanjikan. 

Menurut rencana Kampung Kakap Putih ini akan dipusatkan di Desa Bantar, Kecamatan Rangsang Barat, juga di Pulau Merbau dan kecamatan lain yang memiliki ekosistem serupa sehingga budi daya kakap putih di Kepulauan Meranti dapat dilakukan lebih masif. 

Untuk mendukung terwujudnya Kampung Kakap Putih itu Bupati Adil juga telah meneken penyediaan lahan yang akan digunakan sebagai lokasi pembibitan kakap putih yang berada di Desa Gogok Darussalam, Kecamatan Tebingtinggi Barat. 

Pemerintah Daerah sangat yakin Kampung Kakap Putih yang merupakan program dari KKP RI dalam rangka menjadikan Indonesia sebagai negara pengekspor kakap putih kelas dunia ini dapat diwujudkan karena Meranti memilki ekosistem yang cocok serta memiliki sumber pakan alami kakap putih berlimpah. Untuk menyukseskan program Kampung Kakap Putih ini Pemerintan Provinsi Riau berjanji akan menggelontorkan dana sebesar Rp2,8 miliar. 

Dalam kegiatan itu Bupati H.M Adil, juga berksempatan melakukan peninjauan Keramba Apung Kakap Putih yang berada di Laut Bantar dan Sualang Pasung. (Adv) 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan