Opini

Peran Kepemimpinan Dalam Pembentukan Karakter, Oleh: Muhammad Syahrul Mukminin

Penulis : Muhammad Syahrul Mukminin
Jurusan : Budidaya Perairan
Mahasiswa UNIVERSITAS RIAU

Pemimpin adalah  seseorang yang memiliki sikap, naluri, karakter yang mampu menciptakan suatu keadaan,sehingga orang yang melihatnya dapat terpengaruh dan saling mencapai tujuan yang diinginkan. Sedangkan kepemimpinan melayu adalah orang yang di tuakan, didahulukan selangkah, dan ditinggikan disuatu masyarakat dan pemimpin tidak boleh memiliki sifat dan sikap yang angkuh.
Adapun pengertian kepemimpinan menurut para ahli sebagai berikut
1.Menurut Meojiono
Kepemimpinan adalah akibat dari suatu arah yang mungkin dikarenakan sang pemimpin memiliki kualitas tertentu yang membuatnya unggul diantara pengikutnya.
2.Menurut Young
Kepemimpinan adalah sutau bentuk dominasi atas dasar kemampuan individu yang mampu mengajak dan mendorong orang lain untuk melakukan sutau berdasarkan penerimaan dari kelompok, dan mempunyai suatu keahlian khusus yang tepat dalam suatu situasi tertentu.
Karakter kepemimpin dari tenas effendy dibagi menjadi 4 macam, diantaranya sebagai berikut:
1.Sidiq
Sidiq berarti kejujuran yang dimiliki oleh seorang pemimpin. Seorang pemimpin harus beperilaku jujur baik itu perkataan, perbuatan serta tindakan sehingga dapat dipercaya oleh orang lain. Ada ungkapan tenas effendi yang dapat dicontoh oleh seorang pemimpin antara lain:
Sebagai pemimpin lurus dan jujur
Beroleh  rahmat ia bersyukur
Hidup merakyat rukun dan akur
Negeri sentosa rakyat pun makmur
Pemerintahan adil serba teratur
Amanah dan janji tiada luntur
(Effendy, 2014:160)
Maksud dari ungkapan diatas adalah seorang pemimpin melayu harus menjalankan tugas dengan kejujuran supaya kehiduapan masyarakat yang rukun dan selalu akur antar sesama.
2.Amanah
Amanah adalah seorang pemimpin yang dapat dipercaya, memiliki karakter yg bertanggung jawab, menjaga kepercayaan dalam melakukan tugas yang di berikan oleh orang lain. Ungkapan tenas effendy yang dapat dicontoh oleh seorang pemimpin antara lain:
Menjadi pemimpin ia senonoh
Negeri dijaga rakyat diasuh
Iman tebal dada pun penuh
Menjalankan tugas ia bersungguh
Memikul beban pantang mengeluh
(Effendy, 2014:82)
Maksud dari ungkapan diatas adalah menjadi seorang pemimpin harus memiliki sifat sungguh-sungguh dalam memimpim suatu rakyat dan menekankan keseriuasan dalam memmipin sebuah negara.
3.Fathanah
Fathanah adalah cerdas. Dengan kecerdasannya mereka dapat memberika keterangan secara benar sehingga orang lain dapat mengerti dan memahaminya. Adapun ungkapan tenas effendy yang dapat dicontoh oleh seorang pemimpin antara lain:
Dijadikan pemimpin amatlah bagus
Dijadikan tua bertungkas lumus
Dijadikan induk tahu mengurus
Memimpin negeri umat terurus
(Effendy, 2014:170)
Maksud dari ungkapan diatas adalah seorang pemimpin harus memiliki kecerdasan sehingga menimbulkan semangat memimpin sebuah negara dan menerapkan kehidupan yang adil dan makmur.
4.Tabligh
Tabligh adalah menyampaikan.Seorang pemimpin harus memiliki karakter tabligh karena akan menyampaikan dengan benar sesuai tuturan yang tepat. Adapun ungkapan tenas effendy yang dapat dicontoh oleh seorang pemimpin antara lain:
Dijadikan pemimpin besar menfaat
Negeri sentosa sempurma umat
Orang suka jauh dan dekat
Rahmatnya ada dunia akhirat
(Effendy, 2014:41)
Maksud dari ungkapan diatas adalah kita sebagai seorang pemimpin  harus mementingkan komunikasi antara pemimpin dan bawahannya sehingga tidak ada salah faham antar kedua bela pihak.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa seorang pemimpin harus mempunyai 4 karakter kepemimpinan yaitu karakter sidig (jujur), kerakter amanah (dapat dipercaya), karakter tabligh (menyampaikan) dan karakter fathanah (cerdas) supaya dapat memimpin sebuah negara atau bangsa. Sekian yang dapat saya sampaikan supaya pembaca dapat memahami arti sebuah kepemimpinan dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan