Opini

Tingkatkan Minat Imunisasi, Kukerta UNRI Lakukan Sosialisasi di Ponpes Muqorrobien Al-Islami

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Bangun Kampung UNRI tahun 2023 Desa Gabung Makmur, Sosialisasi penyakit yang dapat dicegah melalui imunisasi di Pondok Pesantren Lil-Muqorrobien Al-Islami Desa Gabung Makmur, Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak (22/07/2023). Dalam upaya meningkatkan minat imunisasi santriwan/i, tim Kukerta UNRI melakukan sosialisasi kepada santriwan/i pondok pesantren Lil-Muqorrobien Al-Islami yang dihadiri oleh Kiyai Machsanul Ihsan AZ selaku Pengasuh Ponpes, Bapak Pujito selaku Kepala Desa, pihak PUSKESDES yang diwakili oleh bidan desa, dan ustadz Minan selaku Kepala Sekolah beserta Guru-guru.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan atas dasar permintaan dari pihak PUSKESDES yang juga sejalan dengan program kerja yang ditaja oleh mahasiswa Kukerta UNRI Desa Gabung Makmur. Selain itu, sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan agar dapat menambah pengetahuan baru bagi adik-adik santriwan/i Ponpes Lil-Muqorrobien Al-Islami tentang penyakit-penyakit yang dapat dicegah melalui imunisasi serta menarik minat adik-adik santriwan/i untuk melakukan imunisasi.

Imunisasi adalah suatu upaya untuk menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit sehingga bila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan. Tujuan imunisasi adalah untuk mencegah terjadinya penyakit tertentu pada seseorang, dan menghilangkan penyakit tersebut pada sekelompok masyarakat (Ranuh dkk, 2014). Selain itu, terdapat beberapa jenis imunisasi, diantaranya polio, campak, tetanus, rubela, dan difteri.

Peserta sosialisasi sangat antusias dan semangat dalam mengikuti rangkaian kegiatan sosialisasi yang diiringi dengan ice breaking atau hiburan disela-sela penyampaian materi agar para peserta tidak merasa bosan. Kegiatan sosialisasi yang dilakukan bertempat di aula Ponpes Lil-Muqorrobien Al-Islami. Selain itu, adanya kuis berhadiah juga turut menambah antusias adik-adik santriwan/i dalam mengikuti rangkaian kegiatan sosialisasi yang ditaja oleh tim mahasiswa Kukerta UNRI.

Kiyai Machsanul Ihsan AZ selaku Pengasuh Ponpes Lil-Muqorrobien Al-Islami Desa Gabung Makmur sangat mendukung kegiatan sosialisasi ini dikarenakan dengan adanya sosialisasi tentang pentingnya imunisasi dalam upaya mencegah penyakit dapat memberi pengetahuan baru bagi para adik-adik santriwan/i serta menarik minat adik-adik untuk melakukan imunisasi.

Oh Kasih selaku ketua kelompok Kukerta UNRI sangat berterima kasih atas keterbukaan pihak pondok pesantren Lil-Muqorrobien Al-Islami Desa Gabung Makmur yang telah menerima dan memberikan izin kepada mahasiswa Kukerta UNRI untuk melakukan kegiatan sosialisasi ini. Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat menambah pengetahuan adik-adik dan dapat menarik minat adik-adik santriwan/i untuk melakukan imunisasi dalam upaya mencegah penyakit melalui imunisasi. Ujar Kasih. 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan