Lingkungan

Kepulauan Meranti Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla

MERANTI – Kabupaten Kepulauan Meranti telah menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla), penetapan ini sebagai langkah antisipasi pemerintah setempat agar lebih cepat respon saat terjadi karhutla.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Kabupaten Kepulauan Meranti, Rizki Hidayat SStp MSi, menuturkan bahwa pihaknya telah melakukan usulan penetapan siaga tersebut pada Februari 2022 lalu dan kini telah resmi ditetapkan.

"Jadi jika terjadi kebakaran yang besar (meluas) kita tinggal melaporkan ke provinsi dan orang provinsi (BNPB Riau) sudah siap siaga juga untuk membantu kita nantinya," tutur Rizki, Jumat (4/3/2022).

Namun sebelumnya, Rizki juga meminta kepada seluruh masyarakat di kabupaten bungsu di Riau untuk tetap saling menjaga dan menghindari sedini mungkin terjadinya kebakaran. Terlebih selama musim panas seperti sekarang ini sangat berpotensi terjadi kebakaran hutan, sehingga dioptimalkan sosialisasi kepada masyarakat yang melakukan aktivitas di dalam perkebunan maupun di kawasan hutan.

"Kita minta kepada seluruh masyarakat yang memiliki lahan untuk tidak melakukan pembakaran apalagi membuka lahan dengan cara membakar. Karena memasuki bulan 2,3 dan 4 (Februari, Maret dan April) biasanya sudah memasuki masa kemarau, apalagi kita sudah ada 6 kecamatan yang sudah terbakar," ungkapnya.

Rizki juga meminta kepada warga dengan kebiasaan membuka lahan dengan cara membakar agar bisa merubah kebiasaan tersebut. Dia berharap kepada warga, jika mengetahui adanya terjadi kebakaran hutan, agar segera melaporkan ke petugas pemadam. Hal ini penting dilakukan agar dapat segera dilakukan upaya pencegahan.

"Jadi kita harapkan bagi masyarakat yang membuka lahan jangan dengan cara membakar kalau bisa dengan cara lain, sehingga nanti bisa meminimalisir terjadinya bencana asap di Kepulauan Meranti. Bagaimana pun, kalau misalnya lahan terbakar dan diproses hukum tentu kita sendiri yang rugi. Jadi kita harapkan kepada seluruh masyarakat untuk dapat menahan diri dan merubah kebiasaan dengan cara membakar agar tidak membakar lagi," harapnya. **



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan