Lingkungan

Pipa Solar Bocor Diduga Akibat Kelalaian Pertamina

Hannur Hadi Putra

DUMAI - Tumpahan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar dari saluran pipa pengolahan Pertamina Dumai ke Depot yang terjadi Sabtu (29/9/2018) kemarin, dituding akibat dari kelalaian pihak perusahaan BUMN tersebut.

Hal ini diungkapkan warga Jalan janur Kuning, Jayamukti, Hannur Hadi Putra kepada wartawan. Hadi menyebutkan ada unsur pembiaran yang dilakukan Pertamina RU II hingga berdampak pada pencemaran lingkungan.

"Akibatnya terjadi dugaan pencemaran lingkungan pada saluran irigasi atau drainase di pinggir Jalan Janur Kuning imbas dari kelalaian pihak perusahaan (Pertamina)," sebutnya, ketika dihubungi.

Dikatakan Hannur, kejadian ini bukan hal pertama kali yang terjadi. Kebocoran pipa ini juga pernah terjadi di lokasi yang sama bahkan lebih besar dari ini.

Hannur Hadi Putra yang biasa disapa Aan, mengatakan selama ini ia tak pernah melihat ada pihak Pertamina Dumai yang melakukan pengecekan secara berkala.

"Saya tak pernah nampak orang pertamina ngecek pipa ini secara berkala padahal pipa ini kan untuk digunakan hampir setiap hari," katanya.

Bahkan aan menduga pihak pertamina mengetahui kebocoran ini bukan dari sistem mereka tapi melalui facebook aan sendiri.

"Tadi sempat saya share status di facebook soal kebocoran ini, memang ada komen dari orang pertamina tak selang beberapa lama saya lihat, muncul mereka di lokasi kebocoran," imbuhnya.

Ia juga mengatakan seharusnya perusahaan sebesar Pertamina harusnya memiliki sistim pengawasan yang canggih.

"Jangan sudah bocor dan mencemari alam, baru perusahaan tau. Harus ada sistim pengawasan yang baguslah," ujarnya.

Terkait hal ini, GM Pertamina RU II Dumai, Otto Gerentaka menanyakan soal bocornya pipa, sang GM hanya menjawab singkat.

"Pipa tersebut dibawah kendali TBBM dan bukan RU II. Tetesan terjadi di flange akan segara diperbaiki," jawab Otto.

Otto juga membantah statment dari staf Pertamina di berita sebelumnya yang menyatakan pipa sudah uzur.

Ketika ditanyakan tanggapan soal bocornya pipa ini sudah berlangsung lama, GM Pertamina RU II Dumai kembali meyarankan wartawan menanyakan ke Humas TBBM (depot). (Rio)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan