News

Rusli Effendi Buka Musda Ke-VI Al-Jam’iyatul Washliyah Rohil

Foto bersama usai pembukaan Musda ke-VI PD Al-Jam’iyatul Washliyah Rokan Hilir.

BAGANSIAPIAPI - Pengurus Besar (PB) Al-Jam’iyatul Washliyah, Rusli Effendi membuka secara resmi Musyawarah Daerah (Musda) ke-VI PD Al-Jam’iyatul Washliyah Rokan Hilir (Rohil), Kamis (2/6/2022) di Bagansiapiapi. 

Rusli Effendi mengharapkan, Musda ke-VI Al-Jam’iyatul Washliyah Rohil melahirkan kepemimpinan yang tidak kalah bagus dari sebelumnya.

“Kita Al-Washliyah sebenarnya berbangga karena ada kader sebelumnya seperti Pak Annas (mantan Bupati Rohil dan Gubernur Riau) dan Pak Suyatno (mantan Bupati Rohil). Secara tidak langsung, pengabdian untuk daerah ini sebetulnya kontribusi dari kader Al-Washliyah,” ungkapnya. 

Untuk sekarang, jelas Rusli, pemilihan Ketua Al-Washliyah sudah berubah dari sistem langsung menjadi formatur baik ditingkat pusat, wilayah hingga daerah. 

“Sistem ini nanti akan kita rumuskan, tapi yang terpenting adalah misi dakwah dan misi pendidikan seperti amal sosial akan kita kemas menjadi kekinian,” ucap putra daerah Rohil itu. 

Dia menyampaikan, bagaimana dakwah di masa sekarang tentu berbeda dengan zaman dulu. “Jadi saya meminta nanti dirumuskan oleh kawan-kawan PD Al-Washliyah, bagaimana strategi dakwah dan pendidikan lebih inovatif dari sebelum-sebelumnya,” ucap Rusli. 

Kemudian Al-Washliyah juga mempunyai moto, “Hiduplah Al-Washliyah dari Zaman ke Zaman”. Al-Washliyah sudah berkontribusi mulai dari sekolah STM, Hipdiah, MDA dan sebagainya termasuk Al-Washliyah memiliki pendidikan yang lengkap di Kubu. 

“Aset-aset ini akan kita inventirisasi sehingga peran Al-Washliyah di Rohil ini tetap berkembang. Mudah-mudahan Al-Washliyah tetap bisa berkontribusi sebagaimana pada zaman Pak Yetno dan Pak Annas,” sebut Rusli Effendi. 

Sementara, kepemimpinan di Al-Washliyah diutamakan kader yang bisa, tau dan sama dengan perjuangan Al-Washliyah. “Kita memiliki banyak kader diantaranya Pak Suratmin, Rahman Yus dan lainnya kita persilahkan dan nanti kita rumuskan didalam formatur,” kata Rusli. 

Dalam pemilihan ketua nanti, lanjutnya, juga tidak terburu-buru, dan akan lebih dulu melakukan pertimbangan. “Alhamdulillah, kita berbangga karena memiliki banyak kader sekarang. Al-Washliyah punya tradisi tidak ambisius dan Al-Washliyah biasanya dipercaya,” tutur Rusli Effendi. 

Ketua PW Al-Jam’iyatul Washliyah Riau, Dr Suhaimi mengatakan, perkembangan Al-Washliyah di Riau terutama di Rohil memiliki basis yang begitu besar dan banyak kader. 

Kepada pengurus yang nanti terpilih, diharapkannya, dapat menyampaikan dakwah Al-Washliyah langsung ke tengah-tengah masyarakat dan umat yang saat ini banyak menghadapi tantangan zaman terutama keutuhan akhlak. 

Al-Washliyah juga diharapkannya, bisa maju dan menjelaskan tentang kebenaran agama islam, sehingga anak-anak muda dapat terjauhkan dari pengaruh kejahatan yang sedang merebak seperti LGBT. 

“Ini tantangan terbesar kami, seperti di Siak ada yang melaporkan keberadaan persatuan atau perkumpulan LGBT bahkan di satu keluarga, ayah, ibu dan anak terlibat dalam gejala ini. Tentunya ini perlu ada dakwah agar bisa menuntaskan ini,” papar Suhaimi. 

Plt Sekda Rohil, Drs Ferry Hendra Parya turut hadir pada Musda ke-VI Al-Jam’iyatul Washliyah Kabupaten Rokan Hilir mewakil Bupati Rohil Afrizal Sintong. 

Pada saat itu, Sekda cukup berbangga karena Musda ke-VI PD Al-Washliyah Rohil dihadiri oleh pengurus besar dari Jakarta Rusli Effendi, dan Ketua PW Al-Washliyah Riau Dr Suhaimi. 

Musda ke-VI PD Al-Washliyah Rohil tersebut, diadakan untuk memilih kepengurusan baru yang definitif. “Selamat melaksanakan Musda ini, semoga dapat berjalan lancar dan nanti menyusun tim kepengurusan yang kuat dan siap menjalankan roda Al-Washliyah ke depan dalam menghadapi tantangan-tantangan,” sebut Ferry. 

Al-Washliyah juga diharapkan, dapat membangun sinergi yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dalam rangka mencapai tujuan visi dan misi pemerintah ke depan. 

“Al-Washliyah secara nyata sudah berjalan cukup lama, bahkan seperti yang diketahui sebelumnya para mantan Bupati Rohil merupakan sebagai ketua PD Al-Washliyah Rohil. Banyak hal yang sudah dilakukan, saya yakin ke depan Al-Washliyah semakin berkembang dengan baik,” ungkap Ferry Parya. 

Sementara, dr Suratmin dipercaya sebagai Ketua Karateker pada Musda ke-VI Al-Washliyah Rohil tersebut. 

Ia berharap, musda dapat berjalan lancar untuk pembentukan kepengurusan yang baru. “Semoga akan terpilih ketua secara formatur dan kepengurusan yang baru sehingga Al-Washliyah di Rohil lebih berkontribusi lagi dan berkesinambungan, serta selalu hidup dari zaman ke zaman,” harapnya.

Untuk pemilihan ketua, Suratmin menyebutkan, berlangsung dari pukul 13:00 wib sampai selesai. (rif) 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan