Pemerintah Daerah

Sambut Kepala Pengadilan Tinggi Riau, H. Asmar Bicara Pembentukan PN

MERANTI - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar, Selasa (13/6/2023) menerima kunjungan Kepala Pengadilan Tinggi Riau Mohammad Idroes, SH, M.Hum, di rumah dinasnya, Jalan Merdeka Selatpanjang.

H. Asmar mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Kepala Pengadilan Tinggi Riau yang juga didampingi Kepala Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis Bayu Soho Raharjo, SH.

Berbagai hal menjadi topik pembicaraan dalam kunjungan tersebut. Salah satunya, Plt Bupati Asmar meminta segera dibentuk PN Kepulauan Meranti.

"Saya minta Asisten II secepatnya disiapkan, ditinjau kembali lahan untuk membangun PN di Meranti," kata Asmar.

Disebutkannya, saat ini proses peradilan di Meranti masih di bawah PN Bengkalis. Hal tersebut menurutnya tidak efisien dan memberatkan masyarakat yang berperkara hukum.

"Pengadilan ini sangat penting, tak mungkin setiap kali ada sidang harus datang ke sini," ujarnya.

Senada, Ketua PN Bengkalis Bayu mengungkapkan keprihatinan terhadap kondisi itu. Menurutnya, karena kondisi tersebut masyarakat harus mengeluarkan anggaran lebih.

"Masyarakat harus mengeluarkan banyak dana yang saya kira tidak perlu, demi mengurus segala macam bentuk surat-surat," sebutnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Pengadilan Tinggi Riau Mohammad Idroes meminta Pemkab Meranti segera menyiapkan lahan yang akan dibangun Pengadilan Negeri.

"Kita sarankan alangkah baiknya siapkan dulu lahannya agar nanti setelah dibangun tidak bermasalah. Untuk pembangunan dan lain-lainnya itu bisa menyusul," ujar Kepala Pengadilan Tinggi Riau itu.

Seusai pertemuan tersebut, Kepala Pengadilan Tinggi Riau dan Kepala Kepala Pengadilan Negeri Bengkalis langsung menuju tempat Sidang Pengadilan Selatpanjang untuk meninjau langsung fisik bangunan.

Turut hadir Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul, Kajari Kepulauan Meranti Febriyan M, SH, MH, para Staf Ahli Bupati, Asisten Setdakab, Kepala Kantor Kesbangpol, dan perwakilan Bagian Hukum Setda. 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan