Sport

Mahasiswa Kukerta UNRI Bersama Pemuda Sungai Pagar Gelar Tournament Sepak Bola Antar Desa

Sepak bola merupakan jenis olahraga tim yang sangat populer di dunia, sepak bola sendiri sangat diminati di Indonesia, sepak bola juga menjadi ikon olahraga di Indonesia. Olahraga ini adalah permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain, berlangsung selama 2x45 menit, kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan. Sepak Bola juga menjadi olahraga favorit yang ada di daerah Kampar terutama di kecamatan Kampar Kiri Hilir. 

Kecamatan Kampar Kiri Hilir mempunyai banyak fasilitas olahraga di tiap tiap desa nya salah satu nya yaitu GOR sepak bola yang ada di Kelurahan Sungai pagar, GOR atau Lapangan sepak bola yang ada di daerah tersebut sudah lama tidak di adakan tournament antar desa maupun open tournament. 

Mahasiswa Kukerta Universitas Riau yang di dampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ns. Bayhakki, M.Kep, Sp.KMB, PhD melakukan pengabdian di Kelurahan Sungai Pagar sebagai contoh perwujudan  dari Dharma Perguruan Tinggi yang tertuang dalam UU Republik Indonesia nomor 20 ayat 2 yaitu tentang penyelenggaraan pengabdian masyarakat..

Mahasiswa yang terdiri dari 2 orang laki-laki dan 7 orang perempuan antara lain Anugrah Rillo Pangestu, Fauzan Ramadhan, Aminah Kurniati, Ruzana Fitri, Endang Sulastri Dwi Atmojo, Nadila, Putri Ahya Radhiya, Ika Wahyuningsih, dan Febriani.

Ketua Himpunan Mahasiswa Kampar Kiri Hilir Fauzan Muhammad Akram mengatakan “sudah sangat lama tidak di adakan nya tournament sepak bola antar desa maupun open tournament di daerah Kampar Kiri Hilir selama beberpa tahun” sehingga terbentuk nya niat untuk menyelenggarakan tournament sepak bola di Kelurahan Sungai Pagar.

Pak Lurah Kelurahan Sungai Pagar Zulfadli, S.Ag menyampaikan ketika rapat pembentukan panitia untuk menyambut HUT RI “di kecamatan Kampar Kiri Hilir setiap tahun nya tiap tiap desa yang ada di kecamatan akan kebagian menjadi tuan rumah dalam rangka penyambutan HUT RI, dan kebetulan yang terpilih pada tahun ini yaitu desa Gading Permai, pihak terkait menyampaikan bahwa gading permai tidak sanggup untuk menjadi tuan rumah pada tahun ini, dan saya di tunjuk langsung oleh Pak Camat untuk menjadi Tuan rumah”.

Mahasiswa Kukerta Universitas Riau dan Ketua Himpunan Mahasiswa Kampar kiri hilir mengajukan untuk di adakannya open tournament pada saat rapat pembentukan panitia HUT RI, namun setelah berdiskusi panjang disepakati oleh Pak Lurah Zulfadli S.Ag bawha tournament antar desa sekecamatan Kampar Kiri Hilir lah yang akan di laksanakan dan di sepakati juga oleh hadirin yang di hadiri oleh ketua Pemuda, Ketua lingkungan, Ketua RW dan RT yang ada di Kelurahan Sungai Pagar selaku tuan rumah terpilih.

Disampaikan oleh Pak Lurah Zulfadli, S.Ag dalam Rapat Pembentukan Panitia yang kedua kalinya “kita laksanakan saja terlebih dahulu tournament sepak bola antar desa di kecamatan Kampar Kiri Hilir ini, yang nantinya menjadi pemantik atau menjadi perhatian untuk di adakan nya open tournament di selanjutnya yang InSyaaAllah akan di laksanakan kalau gak di Oktober atau November tahun ini”.

Tournament sepak bola antar desa se kecamatan Kampar Kiri Hilir akhirnya terlaksana dengan di ikuti oleh 1 Kelurahan dan 5 Desa yang ada di kecamatan Kampar Kiri Hilir antara lain  desa Sungai Petai, Sei Simpang Dua, Gading Permai, Bangun Sari, Mentulik, dan di undang Forkopimcam FC yaitu klub bola yang terkenal di Kecamatan Kampar Kiri Hilir.

Mahasiswa Kukerta Universitas Riau bersama pemuda dan pemudi setempat turun langsung untuk mempersiapkan pertandingan maupun dalam pelaksanaan kegiatan tournament sepak bola antar desa, dengan dibantu dana oleh Pak lurah dan Beberapa Perangkat desa yang ada di Kelurahan Sungai Pagar maupun di Kecamatan Kampar Kiri Hilir.

Tournament ini berlangsung dari tanggal 31 juli 2023 yang dimana di lakukan pembukaan oleh camat yang di wakilkan langsung oleh sekretaris camat Shendy Septian S.E, M.M dan di hadiri oleh beberapa petinggi-petinggi di kecamatan Kampar Kiri Hilir, Pak Lurah, Ketua Lingkungan, Ketua Pemuda, Ketua Himpunan Mahasiswa Kampar Kiri Hilir, Ketua RW dan RT, Tokoh Masyarakat Kelurahan Sungai Pagar dan dihadiri langsung anggota DPRD Kampar yaitu H. Januar Rambo selaku mantan ketua pemuda di Kelurahan Sungai Pagar.

Tournament sepak bola ini di laksanakan secara berkelanjutan denggan sistem liga, pertandingan di mulai dari tanggal 31 juli 2023 di GOR kelurahan sungai pagar. pertandingan pembuka yang di pertemukannya Kelurahan Sungai Pagar (Respa FC) dengan Desa Bangun sari. Pertandingan akan terus berlangsung hingga hari puncak yaitu 17 agustus 2023.

Dengan diadakannya tournament bola antar desa sekecamatan Kampar Kiri Hilir ini berfungsi menghidupkan kembali dunia sepak bola yang ada di daerah Kampar Kiri Hilir, dan agar anak anak di daerah ini menjadi bersemangat kembali untuk mewujudkan mimpi mimpi nya menjadi pemain sepak bola.



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan