Riau

Perjuangan Aulia Rizqo: Dari Pinjam Laptop Untuk Seleksi hingga Mendapatkan Beasiswa PHR

ROHUL - Ketekunan, keberanian, dan semangat tak kenal lelah Aulia Rizqo, seorang siswa lulusan SMA Negeri 1 Rambah, Rokan Hulu, membawanya meraih mimpi yang tak pernah ia duga sebelumnya. Kabar bahagia sebagai salah satu penerima Program Beasiswa Prestasi Program Sarjana (S-1) PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) tahun 2023 telah merubah hidupnya. "Saya bahagia dan terharu sekali. Saya dan ibu sempat menangis saat diberi tahu. Akhirnya perjuangan panjang tercapai,” kata Aulia.

“Saya sangat bersyukur dapat lolos jadi penerima beasiswa. Sejak awal saya ingin sekali meringankan beban kedua orang tua,” tuturnya. Prestasi itu pun tak datang dengan mudah bagi Aulia. Pendidikan hingga perguruan tinggi merupakan tekad bulatnya, namun ia sadar bahwa beban finansial keluarganya tak mudah. Dengan gigih, ia mengikuti seleksi program beasiswa PHR, tetapi tantangan tak terelakkan muncul.

Aulia terpaksa harus berjuang keras agar bisa mengikuti tes TPA karena ia tidak memiliki laptop. “Saya harus pinjam sana-sini agar bisa ikut tes TPA,” ia bekisah. Bahkan, untuk menghadapi tahap wawancara tatap muka di Pekanbaru, Aulia dan keluarganya harus berusaha mendapatkan pinjaman mobil agar ia bisa mengikuti proses seleksi. “Orang tua harus cari pinjaman mobil agar saya bisa ikut tes wawancara,” tukasnya. Semangatnya yang besar melebihi segala rintangan yang datang, membuatnya berhasil lolos bersaing dengan ribuan peserta dan menjadi salah satu dari sepuluh penerima beasiswa PHR.

Keberhasilan Aulia tak lepas dari dedikasinya dalam prestasi akademik dan organisasi siswa di SMA. Dia selalu berada di peringkat sepuluh besar selama di SMA, aktif di OSIS, bahkan pernah menang dalam lomba baris berbaris dan menjadi anggota Paskibraka. Dalam dunia akademiknya, “Sejak sekolah saya senang dengan Fisika. Jurusan Teknik Elektro sangat luas termasuk berkaitan dengan kelistrikan. Di mana kita tahu listrik adalah sumber energi bagi kehidupan,” katanya, yang akhirnya membentuk tekadnya untuk memilih Jurusan Teknik Elektro di Universitas Pertamina.

Kini, mimpi Aulia menjadi kenyataan. Dengan beasiswa dari PT. PHR, ia bisa mengenyam pendidikan di Universitas Pertamina dan mengambil Jurusan Teknik Elektro yang sesuai minatnya. Dia berjanji untuk terus mengembangkan potensinya, bahkan meraih prestasi sebanyak-banyaknya selama perkuliahan.

Sepuluh putra dan putri terbaik Riau telah terpilih untuk mendapatkan Beasiswa Prestasi Pertamina Hulu Rokan. Beasiswa Prestasi PHR memberikan beragam manfaat selama menjalani kuliah. Para penerima akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan SPP/UKT, biaya hidup dan dukungan lainnya serta biaya program pengembangan kapasitas dan Aksi Sobat Bumi.

“Program Beasiswa Prestasi PHR ini merupakan wujud komitmen PHR bersama Pertamina Foundation untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Riau dalam mencetak generasi pemimpin masa depan yang berdaya saing,” kata Corporate Secretary PHR WK Rokan Rudi Ariffianto.

Kisah inspiratif Aulia Rizqo mengajarkan kita tentang keteguhan, semangat, dan kesungguhan dalam meraih impian, bahkan ketika dihadapkan pada berbagai rintangan. Semoga prestasinya menjadi pemicu semangat bagi generasi muda lainnya untuk meraih cita-cita dan menginspirasi dunia dengan prestasi mereka.



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan