Pemkab Bengkalis

Bupati Bengkalis dan Forkopimda Deklarasi Jaga Keutuhan NKRI

Bengkalis - Bupati Bengkalis beserta segenap pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), menggelar deklarasi menjaga keutuhan Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sekaligus mendukung terciptanya pemilu 2024 yang damai.

Deklarasi dibacakan Bupati Kasmarni pada apel kebangsaan lintas komponen dalam rangka HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 yang ditaja Polres Bengkalis.

Apel dipimpin oleh tiga serangkai pemimpin negeri, Bupati Kasmarni, Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia dan Kapolres AKBP, Setyo Bimo Anggoro ini dipusatkan di halaman Mako Polres Bengkalis, Rabu, 16 Agustus 2023.

Ada empat poin yang tertuang dalam deklarasi yang ditandatangani forkopimda beserta perwakilan komponen masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan pelajar.

Pertama, berjanji untuk selalu menjaga keutuhan NKRI. Kedua, mendukung pemilu 2024 yang aman, demokratis, sejuk dan damai.

Ketiga, mentaati semua peraturan perundang-undangan yang berlaku. Keempat menolak segala bentuk politik uang, politisasi sara, hoaks dan pelanggaran lainnya demi terwujudnya situasi yang kondusif dan pemilu yang berkualitas.

"Demikian tekad dan deklarasi bersama ini dibuat dengan sesungguhnya dan penuh rasa tanggung jawab," ucap Kasmarni dengan lantang.

Sementara itu, Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia dalam pidatonya mengajak segenap masyarakat Negeri Junjungan dimanapun berada, serentak mengibarkan bendera merah putih di lingkungan masing-masing.

Kemudian, keesokan harinya, 17 Agustus 2023, sekitar pukul 10.00 WIB berdiri tegak selama 3 menit saat lagu Indonesia raya dikumandangkan. Ini merupakan langkah kecil dalam menghormati perjuangan para pejuang bangsa.

Sedangkan, Kapolres AKBP, Setyo Bimo Anggoro menyebutkan apel kebangsaan lintas komponen ini bertujuan menguatkan rasa nasionalisme dan rasa kebangsaan dalam bingkai NKRI.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Pengadilan Agama Rahmatullah Ramadan, Komandan Posal Bengkalis Letda Laut (E) Nur Johan dan Kepala Imigrasi Zakaria serta perwakilan lainnya.

Sementara dari Pemkab Bengkalis tampak hadir Wakil Bupati, Dr H Bagus Santoso, Sekda dr Ersan Saputra TH, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Andris Wasono, Kadis Kominfotik Hendrik Dwi Yatmoko, dan pejabat Pemkab Bengkalis lainnya.

Hadir juga Ketua MUI Bengkalis Amrizal, Ketua DPH LAMR Bengkalis Sofyan Said, Ketua KPU Bengkalis Elmiawati Safarina, dan perwakilan tokoh masyarakat Bengkalis lainnya.

Sementara sebagai peserta apel adalah unsur TNI, Polri, Lapas, Dinas Perhubungan, Ormas, pemuda, mahasiswa, paguyuban dan perwakilan pelajar.



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan