Riau

Mahasiswa Kukerta UNRI di Desa Merangin Sosialisasi dan Praktek Pembuatan Lilin Aromaterapi

Minyak merupakan kebutuhan primer masyarakat untuk membuat makanan. Minyak menjadi berbahaya bagi kesehatan setelah dipakai. Penggunaan kembali minyak jelantah dapat meningkatkan resiko penyakit seperti obesitas, kanker, alzheimer, dan lain-lain karena kandungan senyawa aldehid yang bisa berubah menjadi senyawa karsinogen yang memicu kanker. Limbah ini seringkali hanya dibuang begitu saja atau mungkin tidak diolah dengan baik.


Minyak jelantah juga akan membahayakan ekosistem alam jika dibuang langsung ke lingkungan.
Minyak yang dibuang langsung ke tanah dapat menggumpal dan menutup pori-pori tanah sehingga tanah tidak dapat menyerap air dengan baik dan berpotensi untuk menimbulkan banjir dan jika minyak dibuang ke saluran air ataupun kawasan perairan, maka minyak bisa menyumbat saluran air dan juga merusak ekosistem karena sinar matahari tertutup oleh lapisan minyak sehingga tidak bisa mencapai dalam perairan.


Untuk mengatasi hal tersebut mahasiswa KKN Universitas Riau tahun 2023 Desa Merangin melakukan sosialisasi dan praktek langsung pembuatan lilin aromaterapi dari pemanfaatan minyak jelantah. Pada hari sabtu, 12 agustus 2023 bertempat di aula kantor  Desa Merangin. Kegiatan ini turut mengundang ibuk-ibuk PKK dan dihadiri oleh kepala desa merangin beserta beberapa perangkat desa. 
 

Alhamdulillah kegiatan ini direspon baik oleh ibuk-ibuk PKK, dan terkhusus kepada bapak kepala desa merangin yaitu Bapak Yanfernizal dan beberapa perangkat desa yang ikut serta menghadiri kegiatan sosialisasi lilin aromaterapi ini, dan dipenutupan kami membagikan hasil pembuatan lilin kepada ibu-ibuk PKK .



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan