Riau

Upaya Cegah Stunting, Mahasiswa KKN UNRI Ajak Masyarakat di Desa Pongkai Istiqomah Buat Vertikultur

KAMPAR - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Riau, melakukan kegiatan pencegahan stunting melalui agenda ketahanan pangan di desa pongkai istiqamah, Kecamatan XIII Koto Kampar.

Stunting merupakan suatu kondisi dimana anak mengalami gangguan pertumbuhan, sehingga tinggi badan dan berat badan anak tidak sesuai dengan usianya. Kondisi ini diakibatkan karena mengalami kekurangan gizi dalam jangka waktu yang relatif lama.

Kegiatan yang dilaksanakan ini sebagai wujud dari program kerja Kukerta Unri di desa pongkai istiqamah dalam mencegah stunting. Kegiatan penanaman ini dilakukan di depan halaman kantor desa.

Seorang anggota kelompok, Yulis mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan hasil pemetaan masalah stunting yang sebelumnya dilakukan oleh kelompok pada masyarakat desa.

Program gerakan penanaman cabai, dan sayuran sebagai bentuk perbaikan gizi stunting yang ada di tengah masyarakat.

“Program kegiatan yang dilakukan mahasiswa Kukerta ini, selain penanaman penanaman, juga dibarengi dengan penyuluhan masalah stunting kepada masyarakat" ungkapnya.

Sementara itu, Muchtar Lutfi selaku kepala desa turut berterima kasih kepada mahasiswa yang telah ikut berkontribusi untuk desa bersama masyarakat, khususnya dalam upaya pencegahan stunting.

“Semoga kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu bagian pencegahan kasus stunting yang ada di desa kami,” katanya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat secara bersama-sama mencegah stunting dengan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai sumber pangan dan gizi keluarga melalui penanaman tumbuhan yang bermanfaat.

Penulis: Era Vazira



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan