News

Program Polri Peduli Budaya Literasi, Kapolres Meranti Resmikan Pustaka Apung

MERANTI - Kapolres Kepulauan Meranti Polda Riau, AKBP Andi Yul LTG SH SIk MH, Kamis (31/8/2023) pagi, bertempat di Pos Polairud, jalan Tebingtinggi Selatpanjang, meresmikan perpustakaan apung sebagai upaya menumbuhkan minat baca dan mencerdaskan warga yang berada di pesisir daerah itu.

Program tersebut merupakan bagian dari Polri peduli budaya literasi dengan mendistribusikan buku sampai pelosok nusantara.

Ikut hadir, Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar, Ketua DPRD H Fauzi Hasan SE SIkom, Wakapolres Kompol Robet Arizal SSos, Kasi Pidum Kejari Kepulauan Meranti Acep Viki Rosdinar SH, perwakilan dari Koramil 02 Tebingtinggi Serma Agus W Prabowo, perwakilan Pos AL Selatpanjang Serda Muhammad Alghifary, pengurus pondok pesantren Darul Fikri Selatpanjang Amrul Fahmi Hasibuan SPd MM, perwakilan SD Negeri 02 Tebingtinggi Junizar SPd, para Pju Polres dan pengurus Bhayangkari Cabang Kepulauan Meranti.

Dalam sambutannya, Kapolres mengatakan bahwa layanan perpustakaan apung ini sebagai bentuk kepedulian Polri yang ikut berpartisipasi mencerdaskan anak bangsa.

"Program ini merupakan bagian dari kegiatan yang dilakukan oleh Mabes Polri dan dilaksanakan serentak pada hari ini oleh seluruh Polres di Indonesia. Kapal perpustakaan apung ini dioperasikan langsung oleh personel Satpolairud Polres Kepulauan Meranti," ungkap Andi Yul.

Dikatakan Kapolres, distribusi buku sampai pelosok ini merupakan peran serta kepolisian dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan program Polri peduli budaya literasi.

"Pendistribusian buku ke seluruh pelosok nusantara ini pada intinya sebagai program Polri peduli budaya literasi. Disamping, bentuk inovasi kami untuk mengajak anak-anak kita agar gemar membaca buku. Sehingga nantinya masyarakat kita dapat menambah ilmu pengetahuan," tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskan Kapolres, bahwa kapal patroli yang biasa digunakan untuk bertugas Satpolairud itu diubah menjadi lingkungan yang ramah bagi anak-anak. Dengan dilengkapi buku bacaan yang menarik perhatian, ini dapat menggugah anak-anak yang berada di pesisir agar gemar membaca.

"Jadi, selain melakukan patroli kapal ini saya tugaskan untuk singgah di berbagai dermaga mengajak masyarakat dan anak-anak untuk membaca buku dan dikoordinasikan ke para Bhabinkamtibmas yang ada di beberapa pulau. Sebelumnya para Bhabinkamtibmas juga membuat inovasi perpustakaan keliling menggunakan sepeda motor patroli yang mendistribusikan buku kepada masyarakat serta anak-anak yang ada di daerah yang terpencil seperti yang dilakukan Brigadir Khairi dan Aiptu Andri Kurniawan. Saya harapkan tidak hanya dua orang namun ada 49 orang Bhabinkamtibmas nanti akan kita ajak untuk menciptakan hal-hal yang baru dan membuat inovasi-inovasi untuk kegiatan pendidikan," ungkap Kapolres.

Ditambahkan Kapolres, adapun koleksi buku yang berada dalam perpustakaan Apung itu sebanyak 550 buku dengan berbagai macam ilmu pengetahuan.

"Adapun jumlah buku yang akan distribusikan saat ini ada sebanyak 550 buah buku dengan berbagai macam ilmu pengetahuan. Semoga buku yang kami distribusikan dapat menambah minat baca dan ilmu pengetahuan bagi masyarakat," pungkasnya.

Peluncuran perpustakaan Apung oleh Polres Kepulauan Meranti mendapatkan apresiasi dari ketua DPRD Kepulauan Meranti, H Fauzi Hasan.

"Sebenarnya Kapolres sudah duluan membaca situasi di Kepulauan Meranti, sebelumnya penanganan stunting, sekarang inovasi bidang pendidikan. Kalau dalam langkah politik, kami sudah tertinggal jauh apa yang dilakukan pihak Polres saat ini, pokoknya kami salut dengan program ini, semoga kami bisa mengelaborasi program yang dilaksanakan Polri ini," ucapnya.

Sementara itu, Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar juga mengapresiasi program yang dilaksanakan Polres Kepulauan Meranti itu.

Menurutnya, inovasi tersebut untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan meningkatkan kecerdasaan serta budaya gemar membaca.

"Kami sangat mengapresiasi inovasi ini.
Kegiatan pendistribusian buku dengan membuat perpustakaan Apung merupakan komitmen yang sungguh-sungguh dari Polres Kepulauan Meranti maupun dari pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas dan sejahtera," kata Asmar.

Ia bahkan menyebutkan perpustakaan itu merupakan upaya untuk meningkatkan kecerdasan masyarakat sebagai sarana belajar sepanjang hayat.

"Keberadaan perpustakaan memiliki ide
strategis sebagai pusat kegiatan belajar yang akan mengantarkan masyarakat menjadi bangsa yang cerdas. Pentingnya perpustakaan sebagai wahana belajar telah disadari oleh pemerintah sehingga program revitalisasi perpustakaan telah ditetapkan sebagai salah satu prioritas rencana kerja pemerintah sampai dengan sekarang," tuturnya.

Pemerintah daerah, ungkap Asmar, siap mendukung dan bekerjasama dalam program perpustakaan apung yang digagas oleh Polres Kepulauan Meranti.

"Kami berharap perpustakaan apung ini berjalan dengan baik dan bisa memperkayakan literasi serta menambah minat baca bagi pelajar sejak usia dini. Mudah-mudahan langkah nyata yang kita lakukan bersama secara berkelanjutan dapat mewujudkan masyarakat Meranti menjadi lebih cerdas dan sejahtera kedepannya," harap Bupati Asmar. 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan