Riau

PHR Komitmen Lakukan Pengehematan Bisnis Pengadaan Barang dan Jasa

DUMAI - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) WK Rokan berkomitmen mendukung efektivitas pembiayaan usaha dan mencapai tujuan Tingkat Komponen Nasional (TKDN). Sepanjang tahun 2023, PHR berhasil melakukan penghematan yang signifikan dan mencapai TKDN melalui pembelian barang dan jasa  di Wilayah Kerja (WK) Rokan.

Pengamat Hukum dan Sosial Kota Dumai, Noor Aufa SH, Jumat (20/10/23) mengatakan, sejak Januari hingga September 2023, telah dinegosiasikan total nilai permohonan pengadaan berdasarkan owner's estimasi (OE) atau perkiraan sendiri  dengan peningkatan efisiensi sebesar 9,1%. Hal ini menunjukkan komitmen nyata terhadap efisiensi dan akurasi dalam pengelolaan belanja PHR.

Aufa berpendapat, peningkatan nilai rekening bisnis dalam pembelian barang dan jasa juga menjadi tujuan penting  PHR. Dengan target awal sebesar 58%, maka capaian TKDN  Januari hingga September 2023  mencapai 70,88%. Hal ini menegaskan komitmen PHR untuk meningkatkan proporsi produk dan jasa dalam negeri melalui proses pengadaan.

Selain itu, kata Aufa, implementasi komitmen pengadaan TKDN juga mencapai 65,05%. “Ini memberikan dampak positif terhadap perekonomian daerah,” ujarnya.

Hingga akhir September 2023, dari 467 permohonan penyelesaian proses pengadaan, PHR telah berhasil menyelesaikan 440 kontrak. Dari jumlah tersebut, 334 kontrak melibatkan pembelian barang, sementara 106 kontrak melibatkan pembelian jasa.

“Pencapaian ini mencerminkan komitmen PHR dalam menciptakan nilai, belanja efisien dan meningkatkan TKDN dalam upaya pengadaan,” katanya

Aufa menambahkan, meningkatnya nilai TKDN akan mendorong berkembangnya industri dalam negeri. Artinya, akan tercipta lebih banyak lapangan kerja baru. Pergeseran aktivitas yang seiring dengan peningkatan tabungan korporasi di sektor industri secara tidak langsung akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sebab, roda perekonomian terus berputar. (*)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan