Pemerintah Daerah

Buka MTQ Tingkat Kabupaten, Plt Bupati Asmar Berharap Lahir Qari-Qariah Berprestasi

MERANTI - Pelaksana tugas Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Asmar membuka secara resmi gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-14 tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti di Lapangan Kantor Bupati, Selatpanjang, Sabtu (21/10/2023) malam.

Sesuai dengan tema Bangkit Bersama Membangun Kepulauan Meranti yang Maju, Cerdas dan Bermartabat dengan Semangat Qurani, Asmar mengharapkan pelaksanaan MTQ tersebut dapat melahirkan para qari dan qariah yang berprestasi.

"Dengan begitu nantinya bisa terbentuk generasi muda qurani yang bisa membantu pemerintah mewujudkan Meranti yang maju, cerdas dan bermartabat," harapnya.

Asmar juga berharap MTQ tersebut tidak hanya seremonial belaka, akan tetapi harus mampu mengubah pemikiran agar benar-benar muncul kesadaran menjadikan Al-Quran, sebagai bacaan wajib bagi seorang muslim di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"MTQ ini juga wujud komitmen pemerintah bersama masyarakat dalam upaya meningkatkan dan memantapkan syariat Islam, disamping bertujuan menjaring dan membina para qari dan qariah berprestasi," ujar Asmar.

Lebih jauh dia menyebutkan, pelaksanaan MTQ menjadi upaya pemerintah memberikan kesempatan kepada masyarakat, khususnya generasi muda menunjukkan prestasi terbaik.

"Saya yakin, masyarakat yang mengaji, menghafal, dan mengamalkan ajaran-ajaran Al-Qur'an akan mampu meningkatkan kemajuan dan martabat daerah," tuturnya.

Mewakili Gubernur Riau, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov, H. Masrul Kasmy mengaku bangga. Menurutnya, MTQ yang digelar Pemkab Kepulauan Meranti seperti MTQ tingkat nasional.

"ini benar-benar sangat membanggakan bagi Kabupaten Kepulauan Meranti," ungkapnya.

Kemudian, Pemerintah Provinsi Riau memberikan apresiasi kepada Pemkab Kepulauan Meranti kerena telah mengirimkan 41 peserta untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi Riau tahun 2023 yang akan digelar di Rengat Kabupaten Indragiri Hulu, pada November mendatang.

"Insyaallah tahun ini kita akan mengikuti MTQ tingkat nasional di Kota Jambi pada tanggal 26 Oktober sampai dengan 6 November 2023," sebut mantan Wakil Bupati Meranti itu.

Sebelumnya, Ketua panitia pelaksana MTQ ke-14 Kabupaten Kepulauan Meranti Muhammad Mahdi menyampaikan, pelaksanaan MTQ tersebut akan dilaksanakan mulai tanggal 21 sampai dengan 26 Oktober 2023. Sementara untuk cabang lomba, ada 7 cabang dan 18 golongan.

"Ada cabang tilawah quran, hifzhil quran, tafsir quran, dan khattil quran, ktiq quran, fahmil quran, serta syarhil quran," jelasnya.

Pembukaan MTQ ke-14 Kepulauan Meranti ini juga ditampilkan qari internasional Muhammad Riaqon dari Banjar Masin.

Turut hadir dalam pembukaan tersebut, unsur Forkopimda Kepulauan Meranti, Sekda Bambang Suprianto, dan sejumlah pejabat, undangan serta ratusan masyarakat Kepulauan Meranti. 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan