Pemerintah Daerah

Pemkab Meranti Gelar Upacara Peringatan Hari Santri Nasional

MERANTI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti menggelar upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang dipimpin langsung oleh Plt Bupati H. Asmar, di Halaman Kantor Bupati, Senin (30/10/2023).

Dalam amanatnya, Plt Bupati H. Asmar membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia. Diketahui sesuai Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Hal itu merujuk pada tercetusnya Resolusi Jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan.

"Sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita setiap tahunnya rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda. Untuk tahun 2023 ini, peringatan Hari Santri mengangkat Tema Jihad Santri Jayakan Negeri yang memiliki makna yang mendalam," katanya.

Asmar juga menyampaikan ucapan selamat menyambut Hari Santri Nasional tahun 2023 kepada seluruh santri Kabupaten Kepulauan Meranti. Ia mengajak untuk menyambut momentum itu sebagai media pengingat.

"Khususnya para santri yang telah memiliki andil dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia," ajaknya.

Tidak hanya itu, Plt Bupati juga mengingatkan bahwa semua santri tidak hanya berkewajiban memahami ajaran agama dengan baik, tetapi juga bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku kita sehari-hari.

"Untuk itu mari bergandeng tangan, bersama-sama berjuang membangun kejayaan negeri ini dengan semangat jihad intelektual, khususnya untuk melakukan jihad melawan ketidakpahaman, kebodohan, dan ketertinggalan, dalam mendukung terwujudnya Kabupaten Kepulauan Meranti yang maju, cerdas dan bermartabat," sebutnya.

Tampak hadir dalam upacara tersebut, unsur pimpinan Forkopimda Kepulauan Meranti, Wakil Ketua DPRD Khalid Ali, Sekretaris Daerah Bambang Suprianto, dan staf ahli Bupati , para asisten Setda, pimpinan OPD, Kepala Kantor Kementerian Agama Kepulauan Meranti H. Sulman, para camat dan perwakilan pimpinan pondok pesantren, serta para santri dari berbagai wilayah di Kabupaten Kepulauan Meranti. 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan