News

Ratusan Rumah di Desa Dedap Terendam Air, Diduga Akibat Pintu Kanal PT RAPP Dibuka

MERANTI - Ratusan rumah warga di Desa Dedap, Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Kepulauan Meranti terendam akibat curahan hujan ditambah kanal milik PT. Riau Andalan Pul And Paper (RAPP) meluap dan diduga pintu kanal dibuka. 

Kepala Desa Bandul, Mansur pada Rabu (10/01/2024) mengatakan bahwa rumah warga di wilayahnya sudah setengah bulan terendam air hujan dan ditambah air dari Kanal milik PT RAPP.

"Rumah warga di dua dusun tempat saya itu ada sekitar 210 rumah terendam air, dan ini diperparah dari dibukanya kanal milik PT RAPP sehingga airnya turun Ke Sungai dedap dan ke Kampung," katanya.

Ditambahkan Mansur dari air yang mengalir ke Sungai dan masuk ke pemukiman penduduk membuat SD Negeri 5 Dedap, MA Darunnaim, TK, Paud Darunnaim, masjid , Mushola dan kantor desa terendam. Bahkan ada 7 rumah yang lantainya ikut terendam.

"Tadi sore perangkat desa naik ke kanal mau buktikan apakah kanal tu terbuka airnya dan memastikan airnya meluap kesungai Dedap, dan buktinya ada di foto maupun video kalau kanal itu dibongkar," ujar Mansur.

Dari hasil di lapangan, lanjut dia, kalau kanal tersebut ada tiga pintu yang mengarah ke Sungai Dedap dan yang satunya masih bagus karena tutupnya mati. Pihaknya berharap dan juga pernah meminta sungai Dedap dilakukan penggalian lantaran sangat dangkal.

"Dah banyak kali minta sama PT RAPP dan Pemda tapi tak pernah ditanggapi, kemarin sempat juga warga datang langsung ke Kantor PT RAPP yang disungai hiu tapi tak ada Solusi," jelasnya.

Sementara itu dengan hari yang sama, Wartawan ini juga mencoba mengkonfirmasi kepada Camat Tasik Putri Puyu Zainal SE lewat Pesan WhatsApp nya dengan ceklis Dua sementara lewat telpon genggam tidak diangkat. **



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan