DPRD Meranti

Komisi I DPRD Meranti Kunker ke DPRD Kota Payakumbuh

PAYAKUMBUH - Dalam menghadapi Pilkada 2024 mendatang, persiapan yang dilakukan oleh DPRD tidak hanya terkait dengan sisi anggaran, tetapi juga mencakup persiapan dan langkah pengawasan dalam pelaksanaan fungsi pemerintahan.

Seperti yang dilakukan Komisi I DPRD Kepulauan Meranti yang terus berupaya dan berkoordinasi dengan semua pihak untuk memastikan dan mewujudkan pelaksanaan Pilkada berjalan aman melalui koordinasi yang intensif. Suksesnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) menjadi prioritas untuk mewujudkan proses demokrasi yang berkualitas.

Setelah melakukan kunjungan ke Kantor Kesbangpol Kota Pekanbaru di Kompleks Perkantoran Walikota Pekanbaru tanggal 22 Februari 2024 lalu, kunjungan dilanjutkan ke Kantor DPRD Kota Payakumbuh pada 1 Maret 2024.

Kunjungan kerja ini terkait Studi Komparasi pelaksanaan fungsi DPRD oleh komisi di bidang Hukum dan Pemerintahan dalam menghadapi Pilkada 2024 ini.

Kunjungan kerja ini menjadi momentum penting yang dilandaskan pada semangat sinergi antara legislatif dan eksekutif kedepannya untuk memastikan jalannya Pilkada dengan lancar dan demokratis.

Kunjungan Komisi I DPRD yang dipimpin oleh Ketua Komisi I yakni Tengku Mohd Nasir dan dihadiri sejumlah anggota lainnya seperti Dedi Putra, S.Hi, MM, Eka Yusnita, Dr M Tartib, Nirwana Sari, dan Tengku Zulkenedi Yusuf, SE.

Kunjungan Komisi I DPRD Kepulauan Meranti itu memiliki tujuan utama untuk memperkuat kerjasama antara legislatif dan eksekutif dalam konteks pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 mendatang.

Dalam pertemuan itu, anggota Komisi I berdialog interaktif dengan pihak DPRD Payakumbuh, bertukar pandangan dan informasi terkait persiapan Pilkada, potensi tantangan, dan strategi pengawasan.

Kunjungan kerja terkait komparasi pelaksanaan fungsi DPRD oleh Komisi di bidang Hukum dan Pemerintahan dalam menghadapi Pilkada 2024 mencerminkan upaya untuk mempelajari praktik terbaik dan pengalaman dari daerah lain dalam mengawasi dan mendukung pelaksanaan Pilkada.

Langkah ini menunjukkan komitmen DPRD untuk meningkatkan kapasitas dan efektivitasnya dalam menjalankan peran pengawasan dan legislatif, terutama dalam konteks proses demokratis seperti Pilkada. Dengan membandingkan dan mempelajari pengalaman dari daerah lain, diharapkan DPRD dapat mengidentifikasi strategi yang efektif dalam memastikan bahwa Pilkada berlangsung dengan lancar, transparan, dan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi dan menghadapi tantangan hukum dan administratif yang mungkin muncul selama periode Pilkada.

Kunjungan yang dilakukan oleh Komisi I ini juga menunjukkan komitmen DPRD untuk memahami dan memastikan bahwa proses Pilkada berjalan sesuai dengan aturan hukum dan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik.

Langkah ini penting untuk memastikan bahwa proses demokratis Pilkada dapat berjalan dengan lancar, adil, dan transparan, serta memperkuat integritas sistem politik lokal. Diharapkan kunjungan ini akan memberikan wawasan yang berharga bagi anggota DPRD dalam menjalankan peran pengawasan dan legislatif mereka.

Selain itu langkah ini penting untuk memastikan sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola yang baik. Selain itu mempertahankan integritas dan legitimasi proses pemilihan serta memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap institusi demokratis.

"Kami telah mengambil langkah proaktif dalam memastikan kelancaran dan keberhasilan Pilkada serentak mendatang. Dalam upaya mempersiapkan diri dari sisi pelaksanaan fungsi hukum dan pemerintahan, DPRD telah melakukan kunjungan yang mendalam dan berarti," kata Ketua Komisi I DPRD Kepulauan Meranti, Tengku Mohd Nasir.

Disebutkan kunjungan ini dilakukan untuk mempelajari praktik terbaik dari daerah lain dalam menghadapi tantangan hukum dan administratif yang mungkin muncul selama periode Pilkada. Tim kami telah berkomunikasi secara langsung dengan pihak-pihak terkait di daerah lain, membahas strategi yang efektif dalam memastikan bahwa proses demokratis Pilkada dapat berjalan dengan baik.

"Kami juga telah menyusun pedoman dan peraturan yang jelas terkait dengan pelaksanaan Pilkada. Selain itu kami juga akan mengawasi tahapan Pilkada dengan cermat. Kami akan memantau proses pendaftaran calon, kampanye, pemungutan suara, dan penghitungan suara untuk memastikan bahwa semua tahapan dilaksanakan secara transparan, adil, dan sesuai dengan peraturan yang berlaku," ujarnya.

Pihaknya meyakini bahwa persiapan yang matang dari sisi pelaksanaan fungsi hukum dan pemerintahan akan membawa hasil yang positif bagi Pilkada serentak. DPRD berkomitmen untuk menjaga integritas dan keberlangsungan proses demokratis, serta memastikan bahwa suara rakyat tercermin dengan baik melalui Pilkada yang transparan dan adil.

"Kami siap untuk menghadapi tantangan yang mungkin muncul dan berkomitmen untuk memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan demokrasi lokal. Dengan kerjasama dan dukungan semua pihak, kami yakin bahwa Pilkada serentak di Kepulauan Meranti akan menjadi contoh keberhasilan bagi daerah lain," pungkasnya.

Dalam suasana penuh semangat, kedua belah pihak saling memberikan dukungan terkait untuk menjaga integritas Pilkada.

Komisi I sebagai wakil rakyat akan terus memberikan dukungan dan pengawasan yang efektif kepada OPD terkait di kabupaten Kepulauan Meranti.

Kunjungan ini menjadi momentum penting dalam membangun sinergi yang kokoh antara lembaga legislatif dan eksekutif untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Pilkada dan menjaga kualitas demokrasi di tingkat lokal. Penguatan kerja sama antara keduanya diharapkan dapat menjadi fondasi yang kokoh untuk pelaksanaan Pilkada yang demokratis dan bertanggung jawab. 

 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan