Pendidikan

SD Negeri 9 Selatpanjang Timur Gelar Pelepasan Siswa-siswi Kelas VI

MERANTI - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 9 Selatpanjang Timur, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis (30/5/2024) pagi, menggelar acara pelepasan siswa dan siswi Kelas VI.

Kepala SD Negeri 9 Selatpanjang Timur, Aslamiyah SPd SD, dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur dan terimakasihnya atas kepercayaan wali murid kepada majelis guru yang mendidik anak-anak selama 6 tahun.

Ia menyampaikan harapan dan pesan agar anak-anak yang telah lulus untuk melanjutkan sekolahnya ke SLTP.

"Terimakasih atas kepercayaan bapak ibu wali murid kepada kami untuk mendidik anak-anak. Kami berharap agar anak-anak dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat SMP sederajat. Jangan hanya berhenti dan merasa puas sampai di SD saja. Kejar dan capai cita-cita ananda semua," ucap Aslamiyah.

Ketua Komite SDN 9 Selatpanjang Timur, Misdar Efendi menyampaikan rasa suka citanya atas keberhasilan siswa-siswi kelas VI hingga menyelesaikan pendidikan di sekolah ini.

"Tentunya kami berterimakasih kepada bapak dan ibu guru yang telah mendidik anak-anak kami dengan baik selama 6 tahun di SD ini," tuturnya.

Kasi Kesejahteraan Sosial (Kessos) Pemerintah Kecamatan Tebingtinggi, Daryono mengucapkan selamat kepada seluruh siswa dan siswi yang sudah menyelesaikan pendidikan di SD ini.

"Semangat terus dan lanjutkan terus belajarnya hingga ke tingkat lebih tinggi," ucapnya pula.

Kegiatan pelepasan di isi dengan rangkaian sejumlah penampilan oleh para siswa-siswi, seperti pencak silat, hadroh, drama, puisi, phantomim, tarian, penampilan lagu-lagu perpisahan, dan lain sebagainya.

Dikesempatan itu, Aslamiyah melakukan penyerahan secara simbolis siswa kelas VI kepada wali murid yang diwakili 3 siswa.

Salah seorang perwakilan wali murid Kelas VI, mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan didikan para guru selama 6 tahun kepada anak-anak.

Lebih lanjut, Babinsa Selatpanjang Timur Koramil Tebing, Serda Derwono Sihotang, juga berpesan agar anak-anak menjauhi pergaulan bebas dan bahaya narkoba.

"Jangan sampai anak-anak sekalian terjerumus narkoba. Karena hal itu bisa menghancurkan masa depan. Lanjutkan sekolah dan kejar cita-cita anak-anak," himbaunya dalam memberikan sambutannya.

Menutup pelepasan siswa Kelas VI tersebut, Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan Tebingtinggi, Risdiyanto, menerangkan bahwa acara perpisahan dan pelepasan ini digelar murni atas kesepakatan bersama dari seluruh wali murid. Bukan merupakan keputusan sekolah. Karena, sebutnya, sekolah hanya sebatas memfasilitasi dan mempersiapkan acaranya saja.

"Pesan kami anak-anak terus belajar. Daftar ke jenjang selanjutnya. Ada SMP, MTs dan pesantren. Pilihlah dimana bapak dan ibu mau mendaftarkan anaknya. Tapi pilih sesuai zonasi dan tidak boleh melangkah diluar zonasi yang ditetapkan. Pendaftarannya mudah, dilakukan secara online saja," ujar Risdi.

Selain itu juga diumumkan prestasi kelulusan atau peringkat tiga orang siswa kelas VI. Diantaranya, peringkat 1 diperoleh Raihan Anugrah, diperingkat 2 Syahrizal Ariyadi dan peringkat 3 diraih oleh Al Fajranudin Narta.

Untuk di ketahui, pada tahun ajaran 2023-2024 ini, SD Negeri 9 Selatpanjang Timur melepas sebanyak 36 siswa, yang terdiri dari 25 laki-laki dan 11 perempuan.

Hadir dalam acara itu, Lurah Selatpanjang Timur, Bhabinkamtibmas Selatpanjang Timur Polsek Tebingtinggi Brigadir David Sudarsono SH MH, sejumlah tokoh masyarakat setempat, para majelis guru, wali murid, dan tamu undangan lainnya. **



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan