Politik

Sebanyak 1081 Surat Suara Dimusnahkan KPU Meranti

MERANTI - Sebanyak 1081 surat suara dimusnahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Meranti, bertempat di Halaman Kantor Kantor KPU Meranti, Jalan Dorak, Selatpanjang, Selasa (26/6/2018) sore.

Tampak hadir dalam pemusnahan, Ketua KPU Kepulauan Meranti Abu Hamid, Ketua Panwaslu Syamsurizal, Danramil 02/Tebingtinggi Mayor Arm Bismi Tambunan SE, dan Kasat Intelkam Polres Meranti AKP Rinaldi Parlindungan.

Dari Pantauan wartawan, pemusanahan surat suara Pilkada itu dilakukan dengan membakar, dengan cara surat suara tersebut dimasukan kedalam suatu wadah atau tempat kemudian baru dibakar.

Namun, sebelum dilakukan pemusnahan, surat suara tersebut terlebih dahulu dilakukan penghitungan ulang dengan disaksikan oleh orang banyak dan kemudian juga dilakukan berita acara pemusnahan.

Ketua KPU Kepulauan Meranti Abu Hamid, mengatakan pemusnahan itu dilakukan dengan cara dibakar agar surat suara tersebut benar-benar habis dan tidak bisa digunakan lagi.

"Intinya pemusnahan, jadi benar-benar tidak bisa digunakan lagi dan cara pemusnahannya boleh dengan cara digiling hingga lumat atau pun dengan dibakar," ungkap Abu Hamid.

Dijelaskan Abu Hamid, dari 1081 surat suara yang dimusnahkan itu terdiri dari 27 surat suara yang rusak, kemudian 6 surat suara yang basah dan 1048 surat suara yang utuh. Sementara untuk surat suara keseluruhan berjumlah 138279.

"Ada sekitar 6 lembar surat suara yang basah itu karena kemarin kotak suaranya sempat jatuh kelaut saat hendak melakukan distribusi ke Rangsang," jelas Abu Hamid.

Ditempat yang sama, Ketua Panwaslu Kepulauan Meranti Syamsurizal, mengakui bahwa penghitungan ulang surat suara itu hanya untuk memastikan saja.

"Hitung ulang inikan hanya untuk memastikan saja dan disinikan disaksikan orang banyak," ucap Syamsurizal pula.

Ditambahkan Syamsurizal pula, tahapan Pilkada di Kabupaten termuda di Provinsi Riau itu sejauh ini masih dalam kondisi aman.

"Kini masih dalam masa tenang dan sepertinya masih dalam kondisi aman, mudah-mudahan akan berakhir aman juga nantinya," harapnya. (rtm3)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan