Politik

Meranti Siap Laksanakan Pemilu Yang Aman, Tertib dan Damai

MERANTI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam hal ini Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, melaporkan kesiapan pelaksanaan Pemilihan Umum 2019 di Kepulauan Meranti dalam laporannya yang dilakukan melalui Tele Confrence Sekda memastikan Pemkab. Meranti siap menyelenggarakan Pemilu 2019 yang aman, tertib dan damai, Rabu (10/4/2019).

Turut mendampingi Sekda Meranti Asisten I Sekda Drs. H. Said Asmaruddin, Kabag Organisasi Tata Laksana Sekda Meranti Rika S.Sos, Kabag Humas dan Protokol Sekda Meranti Hery Saputra, Bagian Hukum Sekda Meranti dan lainnya.

Mengawali laporannya Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti menegaskan, untuk kesiapan Pemilu 2019 Pemkab. Meranti bersama pihak keamanan Polisi dan TNI serta pihak penyelenggara pemilu yakni KPU Meranti terus melakukan koordinasi intens menyangkut segala perkembangan yang terjadi dalam penyelengaraan pemilu nanti.

Dari hasil koordinasi terakhir dengan pihak KPU Meranti seluruh tahapan Pemilu 2019 yang telah dilalui berjalan dengan lancar baik jumlah pemilih maupun surat suara. Menyangkut pengamanan dikatakan Sekda pihak keamanan TNI / Polri serta Linmas sangat siap mengawal pengamanan Pemilu mendatang agar berjalan aman, tertip, damai sesuai harapan.

"Kami Pihak Pemda bersama-sama dengan KPU dan Pihak Keamanan TNI/Polri bersama Linmas siap mengamankan penyelenggaraan Pemilu 17 April 2019 mendatang," ujar Sekda.

Selanjutnya dilporkan juga kondisi Statistik terkini jumlah pemilih ditiap Desa dan Kecamatan yang ada di Meranti sebagai berikut, Jumlah Desa/Kelurahan sebanyak 101, TPS sebanyak 655, dengan Jumlah Pemilih Laki-Laki 74.084 dan Jumlah Pemilih Perempuan 69.495 dengan Total Keseluruhan 143.579 orang.

Sementara untuk Alokasi Kursi yang diperebutkan di tiap Kecamatan sebagai berikut, Dapil I Tebing Tinggi 10 kursi, Dapil II Rangsang Tebing Tinggi Timur 5 kursi, Dapil III Rangsang Pesisir Rangsang Barat Tebing Tinggi Barat 8 kursi, Dapil IV Pulau Merbau Merbau Tasik Putri Puyu 7 kursi dengan total keseluruhan Kursi Legislatif 30 kursi.

Hanya saja untuk distribusi logistik surat suara hingga ke Desa yang berada di Pulau-Pulau, dijelaskan Sekda Pemkab. Meranti H. Yulian Norwis SE MM, pihaknya bersama KPU dan Keamanan TNI/Polri terpaksa harus bekerja ekstra karena jarak tempuh dan medan yang harus dilalui cukup berat.

"Untuk distribusi surat suara yang akan kami lakukan pada H-4 Pemilu nanti agar tidak ada kendala kami harus bekerja ekstra hal ini menimbang kondisi Meranti yang berpulau-pulau," ungkap Sekda.

Namun meski begitu, seperti Pemilu yang sudah-sudah Meranti selalu dapat melaksanakannya dengan aman, tertip dan damai.

Setelah mendengar laporan dari Sekretaris Daerah, Gubernur Riau H. Syamsuar mengucapkan apresasi dan terima kasih atas dukungan Pemkab. Meranti bersama pihak terkait untuk mensukseskan Pemilu Legislatif dan Pilpres pada 17 April 2019 mendatang.

"Ya kami sangat memahami benar kondisi di Meranti namun diharapkan Pemda Meranti, KPU dan pihak Keamanan dapat mengawal berjalannya Pemilu nanti agar berjalan aman, tertip dan damai sesuai harapan," ucap Gubernur.

Gubernur juga berpesan dengan telah dikeluarkannya keputusan MK terkait masyarakat yang tidak memiliki E-KTP tapi telah mengantongi Surat Keterangan (Suket) agar dapat difasilitasi untuk dapat melaksanakan hak pilihnya.

"Saya minta juga kepada pihak KPU dapat melayani masyarakat yang tidak memiliki E-KTP tapi memiliki Suket untuk melaksanakan hak pilihnya seiring telah dikeluarkannya keputusan MK terkait hal itu," ujar Gubernur Syamsuar. (Hms)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan