Kesehatan

Bupati Imbau Desa Proaktif Antisipasi Covid-19

MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti, Riau, Drs H Irwan MSi, mengimbau seluruh aparatur pemerintahan hingga tingkat kelurahan/desa untuk bersama proaktif mengantisipasi penyebaran Covid-19 atau lebih dikenal virus Corona.

Menurut dia, aparatur desa/kelurahan harus melakukan koordinasi atau sinergitas dengan Puskemas di masing-masing kecamatan jika sewaktu-waktu ada warga yang diduga terjangkit virus Corona.

“Saya berharap, segera mengarahkan warga untuk memeriksakan kesehatan jika mengalami gejala sakit. Sakit apapun itu, tetap harus mendapat penanganan medis,” katanya, saat diwawancarai di Pelabuhan Tanjung Harapan, belum lama ini. 

Meski demikian, ia tetap meminta untuk bersama meningkatkan kewaspadaan, dan tidak panik. Sebab pemerintah terus berusaha semaksimal mungkin melakukan penanganan.

“Saya juga berharap, kiranya yang ingin berpergian ke luar negeri, atau ke kota yang ditemukan sudah ada warga terjangkit virus Corona, hendaknya dipertimbangkan matang-matang. Jika tidak terlalu penting dan mendesak, sebaiknya ditunda sementara,” bebernya seraya mengunakan Hand Sanitizer.

Selain itu, dirinya juga meminta 
semua pimpinan SKPD untuk menyiapkan hand sanitezer atau pencuci tangan untuk menghindari penyebaran virus.

“Kita minta di setiap lokasi yang ramai di Kota Selatpanjang agar disediakan hand sanitizer," ujarnya. 

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti, dr. Misri Hasanto melalui Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit, Muhammad Fahri SKM mengatakan kalau Hand Sanitizer di dinas tidak terlalu banyak. 

"Kalau untuk di setiap lokasi keramaian itu tidak mungkin lantaran kita tidak cukup banyak untuk Hand Sanitizer. Namun,  kami tetap menyediakan di layanan publik dan masyarakat seharusnya rajin untuk mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun, dan jika perlu masyarakat tetap berada di rumah dan jangan keluar," jelasnya. (rtm2)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan