Opini

Tanaman Hijau dari Laut Yang Memiliki Segudang Manfaat Bagi Kesehatan

Alga Hijau

Penulis : Kelompok 3 Fistum 2020
Universitas Maritim Raja Ali Haji

INDONESIA merupakan Negara yang kaya akan sumber keanekaragaman sumber hayatinya dan kekayaan spesies laut yang tinggi termasuk dari spesies rumput laut.

Rumput laut diketahui memiliki nilai ekonomi tinggi yang bisa dikembangkan menjadi makanan, kosmetika, farmasetika, bioethanol, pakan hewan hingga penanganan limbah air. Nah, salah satu spesies rumput laut yang harus diketahui dan memiliki segudang manfaat adalah Cholorophyta atau bisa disebut Alga Hijau.

Alga hijau merupakan pigmentasi atau warna yang berdasarkan zatnya. Di dalam algae hijau ini terdapat pigmen klorofil yang sangat tinggi dengan jumlah terbanyak sehingga alga ini berwarna hijau.

Alga hijau merupakan salah satu alga yang cukup terkenal karena manfaatnya dan memiliki kandungan organisme yang baik untuk tubuh seperti antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang dapat menetralkan atau meredam radikal bebas, serta menghambat terjadinya oksidasi pada sel tubuh, sehingga dapat mencegah atau terjadinya kerusakan sel.

Apabila sel menjadi rusak, akan menyebabkan berbagai jenis penyakit seperti anemia, asma, inflamasi, degrenasi syaraf hingga kanker. Oleh karena itu antioksidan sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Alga hijau memiliki sumber protein, lemak, karbohidrat, serat klorofil, mineral yang baik untuk tubuh. Alga hijau juga memiliki protein yang tinggi, vitamin A dan B, zat besi, magnesium, karbohidrat, zink dan mineral seperti kalium, kalsium, fosfat dan kandungan lainnya yang dapat membantu melawan racun lingkungan, membantu menghilangkan lelah, dan menangkal penyakit.

Salah satu contoh dari jenis chlorella yang dimanfaatkan dalam bidang kesehatan karena kandungan klorofil yang tinggi dari chlorella dapat membantu menghilangkan bau mulut dan bau badan kronis hanya dalam beberapa hari.

Chlorella dapat membantu mengatasi konstipasi/sembelit, memperbaiki sistem imunitas pencernaan, menawarkan racun tubuh dan melindungi tubuh dari radiasi sinar ultraviolet serta sebagai salah satu antibiotic yang efektif dalam mencegah pertumbuhan beberapa jenis bakteri.

Alga hijau saat sekarang ini sudah banyak bentuk-bentuk produk yang terbuat dari alga hijau, dengan memanfaatkan bahan yang berasal dari alga hijau karena dilihat dari fungsinya yang banyak sekali memiliki manfaat salah satunya dapat mempertahankan kekebalan tubuh. Beberapa bentuk produk seperti bentuk minuman contoh : Algae tea dan spirulina.

Ada beragam manfaat yang tidak kita ketahui bahwa alga hijau ini juga dapat menjadi penghilang stress, menurunkan berat badan, menurunkan resiko leukoplakia dan menjaga kesehatan jantung. Alga hijau sangat baik untuk di konsumsi karena memiliki khasiat yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita semua.

Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk mencoba khasiat dari alga hijau ini yang tentunya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan?



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan