Kesehatan

Kasus Covid-19 Meningkat, Diskes Kepulauan Meranti Minta Pihak Perbankan dan Hotel Perketat Prokes

MERANTI - Kabupaten Kepulauan Meranti mengalami peningkatan kasus Covid-19. Data tersebut berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi Dinas Kesehatan (Diskes) daerah setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Dr. Misri Hasanto mengatakan, data per 18 Maret 2021 lonjakan kasus signifikan terjadi di Kecamatantebing Tinggi, dengan episentrum penularan pada karyawan Perbankan dan Perhotelan.

Untuk mengantisipasi terjadinya penularan yang lebih besar, Misri meminta pihak Perbankan dan Hotel untuk memperketat protokol kesehatan (prokes) dan pemeriksaan berkala kepada karyawan.

"Setelah kita lakukan monitoring dan evaluasi terjadi peningkatan signifikan kasus Covid-19 di wilayah Tebingtinggi, untuk itu kita minta kepada pihak swasta (Perbankan dan Hotel) untuk memperketat penerapan prokes," ujar Misri, dalam rapat koordinasi bersama Pimpinan Perbankan dan Hotel, di Aula Dinas Kesehatan Meranti, Senin (22/3/2021).

Dalam Rakor tersebut selain menghadirikan pihak swasta Perbankan dan Hotel juga Kepala UPT Puskesmas dan terkait lainnya.

Dijelaskan Misri, tujuan Rapat tersebut adalah untuk menyusun langkah strategis sebagai upaya pencegahan dan penangan Covid-19 pada kluster Perbankan dan perhotelan, dimana telah terjadi transmisi lokal penularan pada karyawan perbankan dan perhotelan. 

"Dari bulan januari 2021 sampai Bulan Maret 2021 telah terjadi puluhan kasus Covid-19 Terkonfirmasi Positif dan hampir seluruhnya berada di Kec. Tebing Tinggi, untuk itu kita mencari langkah strategis pencegahan dan penangannya," jelas Kadiskes Misri.

Sekedar informasi, dari data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Meranti, sudah banyak karyawan hotel dan Bank yang terkonfirmasi Positif Covid-19 dan sudah di isolasi di RSUD dan BLK.

Salah satu langkah strategis yang harus dilakukan dikatakan Dr. Misri adalah meminta pihak hotel dan Bank bisa kooperatif serta bekerja sama menjalankan Protokol kesehatan secara ketat dan pemeriksaan kesehatan secara berkala bagi setiap karyawannya.

"Dan yang tak kalah penting dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19, kita meminta kepada pihak Bank dan Hotel utuk melakukan Rapid Test secara berkala kepada karyawannya dan penerapan Prokes ketat pemeriksaan suhu tubuh, cuci tangan dan pakai masker," ucap Kadiskes Misri. *



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan