Sambut Ramadhan 1442 H

Pemuda Muhammadiyah Gelar Pengajian Akbar Bersama Warga Muhammadiyah Se Rohil

Ketua PDPM Rohil, Muhammad Maliki bersama pengurus PDPM se Rohil.

BAGANSIAPIAPI - Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H, Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Rokan Hilir (Rohil) menggelar pengajian akbar sekaligus silaturahmi warga muhammadiyah se Rohil, bertempat di SMA Muhammadiyah Bagansiapiapi, Minggu (11/4/2021). 

Ketua PDPM Rohil, Muhammad Maliki menjelaskan, pengajian akbar yang dilaksanakan merupakan kebiasan bagi warga Muhammadiyah. 

Tujuannya, lanjut Maliki, untuk mengkaji ilmu agama agar tidak salah dalam menerapkan ilmu agama di kehidupan sehari-hari. 

"Contoh dalam berwudhu saja kita masih banyak yang salah dalam mengerjakannya dan tidak sesuai dengan tuntunan Al-Qur'an. Maka di pengajian akbar ini kita mengkaji ilmu agama tersebut," sebutnya. 

Kemudian tujuan silaturahmi warga Muhammadiyah se Rohil, sebut Maliki, untuk lebih mempererat persaudaraan dan saling memaafkan dalam menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan. 

Setelah itu, usai pengajian akbar berlanjut dengan acara makan bersama. Uniknya dan berbeda dari organisasi yang lain, di Muhammadiyah makan bersama menggunakan nasi umat. 

"Nasi umat ini didapatkan dari sumbangan warga Muhammadiyah yang seiklasnya. Jadi setiap orang meyumbang tanpa ada paksaan dan Alhamdulillah nasi pada hari ini berlebih dari jumlah peserta," ungkap Ketua PDPM Rohil. 

Kemudian Pemuda Muhammadiyah Rohil juga akan mengevaluasi apa-apa saja yang sudah dilakukan. Sampai saat ini, Pemuda Muhammadiyah Rohil sudah membentuk 14 cabang dari total 18 kecamatan yang ada di Rohil. 

"Dari setiap cabang kami meminta minimal 20 persen dari jumlah desa untuk membentuk ranting," tegas Maliki. 

Untuk kegiatan di Bulan Puasa, Pemuda Muhammadiyah akan melaksanakan Safari Ramadhan ke cabang-cabang dan ranting-ranting yang sudah terbentuk. Kegiatan Safari Ramadhan akan dimaksimalkan antara 2-3 kali dalam satu minggu. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan Polres Rohil, perwakilan Kejari Rohil, PD Muhammadiyah, Aisyiyah, Nasyiatul Aisyiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Ikatan Pelajar, Tapak Suci, Kokam, Alat Usaha Muhammadiyah (AUM) serta organisasi otonom Muhammadiyah lainnya.

Sementara pemateri agama disampaikan oleh Ustadz Masril, S.Ag yang juga sebagai Ketua Majelis Tablih di PD Muhammadiyah. 

Menurut Maliki, Ustadz Masril, S.Ag merupakan seorang yang memiliki semangat yang luar biasa. Di setiap turun ke cabang, Ustadz Masril akan diminta untuk menyampaikan pengajian. (rif) 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan