Opini

Alat Musik Melayu, Oleh: Dwi Liana Rahmayuni

Nama Penulis: Dwi Liana Rahmayuni
Prodi: Budidaya Perairan
Universitas Riau

Alat Musik yaitu suatu instrument yang di buat atau di modifikasi dengan tujuan menghasilkan musik. Dan pada prinsip nya, segala sesuatu yang memproduksi suara, dan dengan cara tertentu bisa di atur oleh musisi, ini juga dapat disebut dengan alat music.
Adapun alat musik tradisional yang digunakan dalam ekstrakurikuler orkes melayu antara lain:
Bebano
Bebano merupakan alat musik perkusi tradisional khas Riau yang digunakan untuk mengiringi suara Bukoba (koba), yaitu tradisi lisan yang biasa ditampilkan pada saat acara pernikahan.
Tambur
Tambur merupakan sebuah alat musik tradisional berbentuk gendang berukuran besar. Penggunaan tambur selalu dilengkapi dengan sebuah kempur (gong besar). Alat musik ini sudah ada dan berkembang pada masa Kerajaan Karangasem
Gendang panjang
Gendang panjang adalah salah satu Alat musik tabuh di Indonesia khususnya dari daerah Riau. Gendang panjang merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul dan umumnya digunakan untuk mengiringi tari tradisional seperti Tari Jepin Pisau.
 Marwas
Marwas adalah salah satu alat musik tepuk atau yang sering disebut juga dengan perkusi. Alat musik ini merupakan kolaborasi antara kesenian dari Timur Tengah dan Betawi, dan memiliki unsur keagamaan yang kental.
 Biola
Biola adalah sebuah alat musik dawai yang dipertontonkan dengan perkara digesek. Biola memiliki empat senar (G-D-A-E) yang disetel berlainan satu sama lain dengan interval sempurna kelima.
Calempong
Calempong merupakan alat musik perkusi yang terbuat dari logam. Gong yang digunakan terbuat dari logam dengan bentuk bulat berongga. Calempong Oguong hanya terdiri dari dua baris irama yang dimainkan berulang ulang pada setiap judul lagu.
 Akordion
 Akordion merupakan salah satu alat musik daerah Sumatera Selatan. Alat musik ini mirip seperti piano, karena memiliki tuts berwarna hitam dan putih. Namun, sebenarnya piano dan akordion memiliki cara yang berbeda dalam menggunakannya. Piano dimainkan dengan menekan tuts berwarna hitam dan atau putih.
 Gambus
Gambus adalah alat musik petik seperti mandolin yang berasal dari Timur Tengah. Sangat sedikit gambus dipasangi 3 senar sampai sangat banyak 12 senar. Gambus dipertontonkan sambil ditemani gendang.
Untuk alat musik melayu sendiri memiliki sejarah yang hampir sama. Alat music melayu ini ada yang dihasilkan oleh seniman bersuku melayu da nada   yang dari luar negeri.
Alat musik melayu ini banyak digunakan dikalangan masyarakat seperti sebagai 
media hiburan 
Kemampuan alat musik tradisional untuk menghasilkan bunyi yang harmonis akan memberikan kenyamanan bagi pendengarnya. Dalam konteks masyarakat tradisional maupun modern, musik sering kali jadi pilihan hiburan untuk menghilangkan penat. Dalam sejumlah penelitian, bermain alat musik dapat melatih fokus dan kerja otak sehingga dapat merangsang kemampuan kognitif seseorang.Selain itu, sebagai sarana hiburan alat musik tradisional bukan hanya dimainkan sebagai instrumen tunggal. Biasanya alat musik dipakai untuk mengiringi tarian, pesta atau acara tertentu yang merupakan sumber hiburan bagi masyarakat.

Sarana upacara adat dan budaya
Dalam konteks budaya masyarakat tertentu, bunyi-bunyian yang dihasilkan dari alat musik diyakini mampu memberikan energi khusus yang sifatnya immaterial dan mistis. Karena itu, alat musik juga sering kali difungsikan sebagai pelengkap dalam rangkaian ritual kebudayaan. Seperti pada gong luwang dalam instrumen gamelan Bali yang dianggap sakral dan umumnya dimainkan hanya dalam acara adat tertentu.

destinasi tempat wisata
Ini adalah fungsi paling umum dari alat musik tradisional. Umumnya tari-tari tradisional atau seni pertunjukan peran (lakon) yang ada di Indonesia pasti memiliki pengiring musik yang tentunya menggunakan instrumen alat musik tradisional Kehadiran alat musik dalam panggung pertunjukan memberi tambahan daya tarik. Pesan yang ingin disampaikan dalam setiap gerakan tarian atau adegan dalam pertunjukan peran, bisa tersampaikan dengan baik kepada penonton juga berkat bantuan musik. Karena itu, tidak berlebihan jika menyebut permainan alat musik menjadi bumbu pelengkap dalam penampilan seni.

 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan