Opini

Sifat dan Karakter Pemimpin Dalam Ungkapan Melayu Karya Tenas Effendy, Oleh: Rizqy Putra Perdana

Penulis : Rizqy Putra Perdana

Jurusan : Budidaya Perairan

Universitas Riau

Kepemimpinan adalah suatu metode dalam hal atau rangka menciptakan satu pemimpin yang memiliki karakter maupun sifat agar nantinya dapat pula di jalankan kepada halayak ramai,pada kali ini yang akan di ulas dalam bacaan ini adalah mengenai sifat apa saja yang terkandung yang diantarnya adalah memiliki sifat jujur terhadap dirinya dan kepada orang lain,amanah dalam pekerjaan atau perbuatannya,memiliki pengetahuan dan sikap tangguh(keberanian dalam hal posotif) dan masih banyak sifat positif yang dapat kita tanamkan pada diri kita agar terciptanya suatu pemimpin yang dapat menjalankan amanahnya.
Terkadang sifat seorang pemimpin tergantung dari lingkungannya dan karakter seorang pemimpin juga sebanrnya sudah ada dan sudah terbentuk sedari awal mereka kecil dan dapat pula di pengaruhi oleh lingkungan juga dan bagaimana dia menerimanya apakah di terima secara positif dan ada pula yang tidak menerimanya.
Karakter yang terdapat dalam buku Pemimpin Ungkapan Melayu  karya Tenas Effendy ini terbagi menjadi empat yaitu , karakter amanah, karakter fathanah, karakter tabligh dan karakter shidiq.
1.KARAKTER SHIDIQ
Artinya adalah suatu sifat yang dapat di jalankan adalah sifat jujur dan selalu benar(dapat di percaya).dalam hal kepemimpinan pula tidak akan luput dalam hal ini agar suatu ruang lingkup dari kekuasaan pemimpin ini agar selalu dalam kondisi damai dan tentram.baik itu dalam hal ucapan dan perbuatan yang masih berkaitan terhadap ajaran dan syariat islam.
Dianatara sifat yang dapat di kuasai atau di jalankan adalah pemimpin yang amal,pemimpin yang jantan dan pemimpin yang jujur.
Hidupnya lurus makannya halal Orang sayang nama terkenal (Effendy, 2014 : 64)
Arti dalam kata lurus adalah panacaran sifat pemimpin yang jujur.setelah adanya sifat jujur yang tertanam dalam diri seorang pemimpin maka ia juga akan di kenang baik dalam hal atau perbuatannya selama menjabat di posisnya itu. Hal ini memberikan pemahaman bahwa karakter shidiq adalah penanaman nilai-nilai kejujuran yang menjadi pedoman dalam kehidupan. Konsep karakter ini dijadikan acuan sebagai pemimpin dalam bertingkah laku.perlunya juga pemimpin tersebut dapat memiliki sifat yang dapat tegas dan bisa memilih suatu pilihan yang baik dan dekat kepada allah swt.atau memiliki iman yang kuat dalam mempimpin.
2.KARAKTER AMANAH
Artinya adalah suatu kepercayaan agar dapat menjadikan itu adalah sebuah pegangan yang diamana ia akan menjaga nya dan memliharanya,terutama kepada pemimpin agar dapat menjaga sebuah kepercayaan yang di berikan rakyat sepenuhnya kepdanya dan tak luput pula sesuai ajaran allah swt.
Diantara sifat yang dapat di jalankan atau di pedomi adalah pemimpin amal,pemimpin yang asin(perkataannya dapat di percaya),pemimpin asuh(pemimpin yang memiliki sifat dan sikap yang baik pantas sebagai pemimpin).
 Dijadikan pemimpin ianya handal Budinya banyak menjadi bekal Kerjanya elok manfaatnya kekal (Effendy, 2014:64)
Budinya banyak menjadi bekal,yang bermaksud memberikan pemahaman bahwa sifat pemimpin ini harus memiliki modal perilaku baik agar rakyat nya dapat percaya padanya.arti dalam kata kerjanya elok manfaatnay kekal,yang bermaksud ia sebagai pemimpin melakukan pekerjaannya dengan sepenuh hati. Karakter yang termuat dalam kalimat tersebut adalah tentang pemimpin yang bersungguh-sungguh dalam mengabdi  untuk kepentingan rakyatnya.
3.KARAKTER FATANAH
Merupakan sifat yang dimiliki oleh semua manusia yang berkaitan dengan pemikirian. Fathanah dapat diartikan sebagai cerdas atau kecerdikan dan kebijaksanaan.
Diantara sifat yang dapat di jalankan adalah pemimpin yang cerdik,pemimpin lurus dan pemimpin yang sabar.
Sebagai pemimpin ianya cerdik Tahu menyimak bijak menilik Tahu menyelesaikan perkara pelik Ilmunya luas budipun baik (Effendy, 2014: 117)
Sebagai pemimpin ianya cerdik,artinya adalah pemimpin yang memiliki akal dan kecerdikan dalam penyelesaian masalah yang di hadapinya.tahu menyimak bijak menillik tahu menyelesaikan perkara pelik,pemimpin yang dapat menyelesaikan perkara nya tanpa membawa atau mengatas namakan orang lain ke dalam masalahnya. Hal ini menunjukkan bahwa terdapatnya karakter fathanah yang merupakan bentuk dari wujud kasih sayang dan kepedulian seorang pemimpin yang cerdas. Berdasarkan hal tersebut dapat dijadikan acuan sebagai seorang pemimpin untuk bertingkah laku didalam lingkungannya.
4.KARAKTER TABLIGH
Sifat tabliq juga memiliki arti komunikatif. Seseorang yang memiliki sifat tabligh akan menyampaikan dengan benar dengan tuturan yang tepat.Dan dapat menyampaikannya sesuai apa yang di katakana sejak awalnya.
Di antara sifat yang dapat di teladani adalah pemimpin yang abdi dan pemimpin yang acu(yang dapat tegas dalam segala hal)
Dijadikan pemimpin besar manfaat Negeri sentosa sempurna umat Orang suka jauh dan dekat  Rahmatnya ada dunia akhirat (Effendy, 2014: 41)
Manfaat,artinya adalah pemimpin yang baik dapat memberikan manfaat yang positif dan dapat memberikan informasi yang baik.sentosa,yang artinya adalah bebas dari kesukaran atau tanpa keraguan. sebagai seorang pemimpin juga harus memberikan pemahaman kepada masyarakatnya dengan tepat mengenai adat, agar tidak salah dalam memimpin suatu kelompok sosial yang sudah memiliki ketentuan adat masing-masing yang menjadi acuan setelah agamanya dalam berprilaku.
pemimpin dalam teks pemimpin ungkapan Melayu yang terdapat di dalam empat karakter menurut Islam yaitu karakter amanah, karakter fathanah, karakter tabligh dan karakter shidiq. Terdapat berbagai jenis ungkapan pemimpin Melayu yang berbeda-beda di dalam karakter-karakter menurut Islam.dan dapat menjalankan atau mengamalkannya secara bertanggung jawab dan amanah.



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan