Pemerintah Daerah

Malam Pentas Seni Budaya Gagak Hitam, Bupati dan Ketua DPRD Ikut Joget Mak Lodeh

MERANTI - Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, H. Muhamad Adil dan Ketua DPRD, Ardiansyah ikut berjoget Mak Lodeh dalam Malam Pentas Seni Budaya Melayu Gagak Hitam Sempena Hari Jadi Kepulauan Meranti, di Taman Cik Puan Selatpanjang, Senin (20/12/2021).

Suasana malam budaya itu menjadi meriah ketika salah seorang penari Mak Lodeh menjemput Bupati dan Ketua DPRD ikut berjoget. Melihat itu, para tamu undangan, Plh. Sekda, Asisten, para kepala OPD, dan pengurus serta anggota Gagak Hitam Sambang Riau juga turut menari bersama.

Bupati H. Muhamad Adil sangat berharap Gagak Hitam bisa menjadi tonggak penjaga budaya Melayu di Kepulauan Meranti dan Riau secara umum.

"Jangan sampai budaya asing yang menjadi tren di kampung halaman kita ini," kata Bupati.

Dia juga mengajak untuk terus melestarikan budaya dengan mengaktifkan kegiatan-kegiatan budaya lewat berbagai perlombaan. Sehingga muncul generasi penerus dari ceruk kampung di Kepulauan Meranti.

"Nanti kordinasikan dengan Dinas Pariwisata. Kedepannya kita adakan lomba pantun, syair dan budaya lainnya agar budaya melayu semakin kokoh dan tidak hilang ditelan zaman," harapnya.

Panglima Gagak Hitam Sambang Riau, Yusriano sangat mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 85 Tahun 2021 Tentang Pedoman Penggunaan Tanjak dan Selendang di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kami sangat mendukung Perbup yang dikeluarkan Bupati Meranti. Bahkan sudah kami kirimkan draf-nya ke berbagai kabupaten/kota di Riau untuk mereka adopsi. Meranti satu-satunya di Riau yang pegawainya menggunakan tanjak," ujar Yusriano.

Dia juga menargetkan untuk mendapatkan rekor dari Muri penggunaan tanjak terbanyak. Dia menargetkan sebanyak 5.000 hingga 10.000 tanjak.

"Kita berharap dukungan dari Pemkab dan seluruh masyarakat Kepulauan Meranti," harap Panglima Gagak Hitam Riau itu.

Berbagai kegiatan ditampilkan dalam Malam Pentas Seni Budaya yang ditaja Gagak Hitam itu. Mulai dari penampilan syair, berbalas pantun, tari zapin dan langgam melayu.

Turut hadir Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Ardiansyah, Plh. Sekda Kepulauan Meranti, Bambang Supriyanto, para asisten dan kepala OPD di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti serta Camat Tebingtinggi. ***



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan