Opini

Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Tunjuk Ajar Melayu, Oleh: Aidil Al Fajar

Penulis : Aidil Al Fajar
Jurusan : Budidaya Perairan
Universitas Riau

Pendidikan Karakter adalah Salah satu solusi yang direkomendasikan untuk perbaikan karakter bangsaIndonesia adalah program pendidikan budaya dan karakter bangsa atau yang lebih dikenal dengan pendidikan karakter. Secara nasional program pendidikan karakter di sekolah telah dikukuhkan pemerintah. Berbagai kelengkapan dan kegiatan untuk pendidikan karakter telah disiapkan pemerintah.

Perkembangan teknologi di era globalisasi seperti saat ini sangatlah pesat sesuai dengan tuntutan zaman, dari satu daerah ke daerah lain dan dari satu negara atau bahkan satu benua ke benua lain seakan tak lagi terdapat batasan ruang dan waktu, misalnya teknologi internet yang dapat di akses oleh segala lapisan masyarakat mampumenyajikan informasi atau apapun yang dibutuhkan penggunanya baik dalam bentuk media tulis, gambar, suara, atau bahkan video. Hal yang dapat menambah pengetahuan kita mengenai dunia luar ini dapat beralih fungsi menjadi virus perusak moral dan karakter bangsa apabila disalah gunakan. Berbagai budaya asing yang masuk memerlukan penyaringan karena tidak semua dari budaya tersebut bersifat positif dan cocok dengan budaya timur yang dianut oleh bangsa Indonesia.

Menurut Maswardi,(2011:5) Pendidikan Karakter/Budi pekerti adalah usaha sadar dan terencana untuk membangun atau membentk kepribadian yang khas peserta didik yaitu kepribadian yang baik, yang bercirikan kejujuran, tangguh, cerdas, kepedulian, bertanggung jawab, kerja keras, pantang putus asa, tanggap, percaya diri, sukamenolong, mampu bersaing, professional, iklas bergotong royong, cinta tanah air, amanah, disiplin toleransi, taat, dan lain-lain perilaku yang berakhlak mulia. Pendidikan karakter merupakan kebutuhan yang sangat pantas untuk diperioritaskan
pengadaannya di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat saat ini.

Sementara itu diyakini lagi oleh Effendy, (2017:36-37) Mengatakan pendidikan merupakan suatu proses untuk mengembangkan semua aspek kepribadian manusia, yang mencakup penggetahuan, nilai dan sikapnya, serta keterampilannya. Sastra rakyat selain berisi tentang nilai nilaijuga terkandung tunjuk ajar di dalamnya.Effendy (2017:36-37) 

Tunjuk Ajar MelayuTunjuk Ajar Melayu (TAM) yang disusun oleh Tenas Effendy, sangat sesuai dijadikan sebagai salah satu sumber nilai dalam pendidikan karakter. Tunjuk ajar Melayu adalah petuah, petunjuk, nasihat, amanah, pengajaran, dan contoh teladan yang disampaikan oleh orang Melayu. Tunjuk ajar ini bertujuan untuk membawa manusia ke jalan yang lurus dan diridhai Allah. Dengan kata lain, tunjuk ajar bertujuan untuk menciptakan keseimbangan atau equlbilirium dalam kehidupan manusia sehingga manusia hidup dengan selamat didunia dan akhirat. Tunjuk ajar menjadi panduan bagi orang Melayu dalam menjalani kehidupan ini.Kandungan tunjuk ajar merupakan gabungan nilai-nilai agama Islam, nilai-nilai budaya Melayu dan norma-norma sosial yang terdapat dalam masyarakat Melayu Riau.Pesan moral yang terdapat dalam tunjuk ajar Melayu Riau meliputi pelbagai aspekkehidupan manusia disampaikan dengan bahasa yang indah dan kaya metafora. Sehingga pesan-pesan yang disampaikan dirasakan lebih elok dan mendalam. 

Selanjutnya, Nilai pendidikan karakter terkandung di dalam buku Tunjuk ajar melayu karya Tenas Effendy, terkecuali nilai Cinta tanah air, Nilai Gemar membaca, dan Nilai Peduli lingkungan. Peneliti berpendapat bahwa pada buku tunjuk ajar ini Penulis lebih menekankan pada hubungan manusia dan manusia juga pada hubungan manusia dan sang pencipta. Nilai pendidikan karakter yang paling dominan di dalam buku Tunjuk Ajar Melayu adalah nilai Cinta damai.

Buku Tunjuk ajar melayu karya Tenas Effendy merupakan karya yang di dalamnya banyak mengandung nilai-nilai yang berhubungan dengan pendidikan karakter.
Buku Tunjuk ajar melayu karya Tenas Effendi layak dibaca untuk memelihara, mempelajari ataupun melahirkan karakter positif di dalam diri para pembacanya. ***



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan