Pemerintah Daerah

Bupati H.M Adil Hadiri Pendistribusian Dana Zakat Konsumtif Ramadan

MERANTI - Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM menghadiri pendistribusian dana zakat konsumtif ramadan yang dilaksanakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kepulauan Meranti 1444 H tahun 2023 di Masjid Agung Darul Ulum Selatpanjang, Selasa (4/4/2023).

Ketua Baznas Kepulauan Meranti Mardio, S.Pd.I mengucapkan terima kasih kepada seluruh muzaki, yakni ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Terkhusus Bupati H.M Adil yang telah membayar zakat melalui Baznas Kepulauan Meranti.

"Alhamdulillah, kita juga sudah bertemu dengan Kapolres Kepulauan Meranti, dan insyaallah beliau juga akan mengarahkan seluruh personilnya untuk membayar zakat melalui Baznas Kepulauan Meranti," jelas Mardio.

Kemudian, Mardio juga mengatakan jumlah zakat seluruh ASN yang terkumpul dari bulan Januari 2023 sampai saat ini sekitar Rp750 juta. Dari jumlah tersebut, pendistribusian dana zakat konsumtif ramadan kepada para penerima (mustahik) sebesar Rp630 juta dengan jumlah mustahik 2.100 orang, masing-masingnya menerima Rp300 ribu.

Bupati H. M Adil dalam kesempatan itu menyerahkan secara simbolis zakat bagi perwakilan mustahik di 4 kelurahan di Kecamatan Tebingtinggi. Dia mengucapkan terima kasih kepada Baznas Kepulauan Meranti yang telah bekerja keras sehingga pengumpulan dana zakat, infak dan sedekah selalu meningkat di setiap tahunnya.

"Semoga dana zakat yang sudah terkumpul dapat segera disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan," ungkap Adil.

Pendistribusian dana zakat oleh Baznas ini, tambahnya, merupakan wujud kepedulian Pemkab Kepulauan Meranti terhadap penanggulangan kemiskinan dan menjaga stabilitas ekonomi. Serta dapat mempererat jalinan silaturrahim diantara muzaki khususnya bagi ASN dengan mustahik.

"Zakat ini diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat yang membutuhkan. Apalagi akan memasuki hari raya idul fitri," tambah Bupati.

Lebih jauh dijelaskannya, dalam rangka mewujudkan pengelolaan dana zakat ASN yang baik, jelas dan akuntabel, Baznas juga sudah menerapkan sistem potong gaji otomatis (payroll system). Dengan begitu, dipastikan pengelolaan zakat penghasilan ASN di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti akan lebih baik dan terpercaya.  

"Untuk itu, saya mengharapkan semakin besar zakat yang diterima Baznas, semakin terbuka kesempatan untuk membantu dan memberdayakan kaum duafa, dan harta yang dizakatkan menjadi bersih dan berkah," pungkasnya.

Hadir dalam pendistribusi zakat itu, Wakapolres Kepulauan Meranti Kompol Robet, Kasi Bimas Islam Kemenag Isyanto, Ketua MUI Kyai Dr. Imam Ghozali, dan staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM M. Mahdi, Asisten III Setda Sudanri, pimpinan OPD, Camat Tebingtinggi Masnawi, lurah se- Kecamatan Tebingtinggi, serta pengurus Baznas dan penerima zakat konsumtif ramadan. 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan