Pemkab Bengkalis

Meriahkan Ramadan 1444 H, Dinas PUPR Bengkalis Ikut Festival Lampu Colok

Bengkalis - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bengkalis pada ramadhan tahun 1444 H/2023 M tetap mengikuti memeriahkan dalam suasana bulan suci ramadhan dan menyambut hari raya idul fitri dengan tetap membuat miniatur lampu colok yang sudah menjadi ciri khas budaya kabupaten Bengkalis.

Festival lampu colok tahun 1444 H/ 2023 M Kembali diadakan oleh Pemkab Bengkalis melalui dinas pariwisata kebudayaan, pemuda dan olah raga (Disparbudpora) Bengkalis. Hal itu disampaikan Kepala dinas ( Kadis ) Disparbudpora dirungan rapat kerja pada, senin, 27 Maret yang lalu.

Di setiap tahun masyarakat kabupaten Bengkalis mengadakan pemasangan lampu colok pada bulan ramadhan tepatnya pada malam 27 Ramadhan Atau 27 Likur, Lampu colok adalah menjadi ciri khas dan budaya masyarakat Kabupaten Bengkalis pada umumnya, Dan lampu colok juga bertujuan untuk memeriahkan suasana bulan ramadhan.

Dan di setiap Desa para pemuda dengan antusias penuh semangat mempersiapkan segala sesuatunya dari mulai mempersiapkan untuk bahan kontruksi menaranya hingga lampu coloknya dengan berbagai ciri khas bentuk desainnya.

Dari itu awak media ini memantau/  melihat adanya miniatur yang sudah berdiri berada di halaman PUPR Bengkalis dan langsung mewawancarai salah satu pembuat meniatur lampu colok tersebut

Tak di sangka pembuat miniatur lampu colok itu adalah salah satu tenaga honore dari dinas perhubungan atas nama Usman yang mempunyai sekil dan bakat yang luar biasa dalam menciptakan membentuk miniatur lampu colok yang bergambarkan alat berat yaitu Beko, disertai Tulisan PURR

Pada saat di wawancarai Usman  mengatakan sebelumnya dia sudah beberapa kali di hubungi oleh pihak PUPR untuk di minta membuat lampu colok, Awalnya dia (Usman_red) enggan menerima panggilan itu di kerenakan Usman sudah ada jadwal atau pembuatan miniatur menara lampu colok juga di desa nya.

"Yaa, pada awalnya kita tidak menerima tawaran tersebut, Tapi setelah kita pertimbangan kan kita mau untuk membantu dinas PUPR untuk membuat miniatur gambar Beko didampingi tulisan PUPR," ucap Usman

Usman juga sangat berterima kasih kepada dinas PUPR Bengkalis  jika sudah mempercayai nya untuk membuat miniatur menara lampu colok di dinas PUPR .

Masih dikatakan Usman, Dalam pembuatan miniatur lampu colok di PUPR Bengkalis ini dikerjakan selama 10 hari dengan dibantu tenaga kerja sebanyak 13 orang pemuda desa. Miniatur menara yang bergambar Beko ini berjumlah lampu colok lebih kurang 1500 lampu colok," jelas Usman

ditambah Usman Lagi, Dalam pembuatan miniatur gambar Beko memang ada sedikit kesulitan pada tempat- tempat tertentu untuk pengaturan lampu colok nya agar dapat berbentuk sesuai harapan yang bisa dapat berbentuk Beko itu, mudah mudahan hasil nya akan memuaskan," tuturnya.

Pada waktu yang sama Kadis PUPR di wakili sekertaris PUPR Ardila Fitriadi menjelaskan di ruangannya ke awak media,  Alhamdulilah Kadis PUPR  Ardiansyah memiliki atensi khusus terhadap budaya untuk melastarikan budaya lokal kita khusus nya di kabupaten Bengkalis," ujar Ardila

Kami dari PUPR Bengkalis berusaha semaksimal mungkin setiap tahunnya untuk ikut memeriahkan malam 27 likur ini merupakan berpartisipasi Kadis PUPR dalam melestarikan budaya lokal di Bengkalis.

Lanjut Ardila, Tema tahun ini agak berbeda dari tahun lalu, dikarnakan pak kadis meminta memunculkan identitas PUPR, jadi makanya tahun ini kita membuat gambar miniatur colok dengan gambar Beko, karena Beko adalah alat yang selalu di gunakan oleh dinas PUPR dalam melaksanakan pekerjaan" ungkap Ardila

"Yaa walau pun waktu mendesain gambar itu sedikit kesulitan dan hakirnya selesai, Mudah-mudahan pada malam 27 Likur nanti jadi berbentuk gambar Beko," harap Ardila.

Ditanya terkait angaran yang digunakan dalam pembuatan miniatur manera colok ini adalah menggunakan dana iuaran para kadis, sektetaris, dan para kabid.

"Anggaran pembuatan miniatur manera colok itu adalah bukan bersumber dari dana APBD, Akan tetapi dana tersebut dari kami pribadi dengan cara bergotong royong dari pak kadis ,sekertaris PUPR ,dan para Kabid di dinas PUPR tersebut," ungkapnya.

Laporan : Anang



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan