Politik

PWI dan KPUD Riau Sepakat Sosialisasikan Pilgubri

PEKANBARU - Tidak lama lagi, masyarakat Riau akan menghadapi satu agenda politik yang akan menentukan perjalanan pemerintahan di Bumi Lancang Kuning untuk lima tahun ke depan. Ajang itu adalah Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau. Sesuai jadwal, pencoblosan akan digelar pada 27 Juni 2018 mendatang.

Terkait hal itu, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Riau dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Riau, menyepakati empat hal. Intinya, kedua belah pihak sepakat untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat Riau terkait agenda penting itu, dalam rangka meningatkan partisipasi masyarakat menyalurkan hak pilihnya dalam agenda itu.

Hal itu tertuang dalam Piagam Kesepakatan bersama antara KPUD Riau dan PWI Riau, yang ditandatangani Minggu 10 Juni 2018. Kesepakatan itu ditandatangani Ketua KPUD Riau Nurhamin dan Sekretaris PWI Riau, Amril Jambak di Gedung KPUD Riau. Dalam kesempatan itu juga digelar sosialisasi Pilgubri 2018 yang dihadiri puluhan anggota PWI Riau.

Ada pun empat poin yang menjadi kesepatakan antara kedua belah pihak adalah, baik KPU dan PWI Riau sepakat menyebarluaskan imbauan kepada masyarakat tentang ajakan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 27 Juni 2018 mendatang. Selanjutnya mendorong pengingkatakan partisipasi masyarakat pada Pilgubri tahun ini, di mana KPUD Riau mematok target tingkat partisipasi pemilih mencapai 77,5 persen.

Ketiga, melakukan musyawarah dengan badan adhoc penyelenggara tingkat PPK, PPS dan KPPS sesuai tingkatannya agar penyelenggaraan Pilgubri berjalan dengan aman dan tertib. Terakhir, kedua belah pihak sepakat mengampanyekan anti politik uang, anti politik sara dan anti hoaks.

Dalam sambutannya, Nurhamin mengatakan, pertemuan pihaknya dengan PWI Riau adalah pertemuan yang kesekian kalinya digelar, dalam rangka sosialisasi Pilgubri. Sebelumnya, KPUD Riau telah menggelar pertemuan serupa dengan sejumlah stake holder di Provinsi Riau.

"Intinya, kita ingin sosialisasi ini berjalan maksimal sehingga penyelenggaran Pilgubri ini kali berjalan sesuai dengan yang diharapkan bersama, yakni sukses secara hasil dan pelaksana juga sukses," terangnya.

Sementara itu, Sekretaris PWI Riau Amril Jambak mengatakan, pihaknya menyambut baik langkah yang ditempuh KPUD Riau tersebut. Karena itu, segenap anggota PWI Riau akan berupaya mensosialisasikan Pilgubri 2018 sesuai dengan kemampuan mereka.

"Agar bisa berjalan maksimal, penyebaran informasi memang harus dilakukan. Supaya masyarakat mengetahui dan selanjutnya bisa memilih calon pemimpin sesuai dengan hati dan pilihan mereka masing-masing," ujarnya.**



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan