Kesehatan

Deteksi Dini KLB Penyakit Menular Dengan Mengaktifkan SKDR

SELATPANJANG - Sebanyak 32 orang petugas kesehatan setempat hadir dalam pertemuan penguatan unit jejaring SKDR (Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon) yang digelar UPT Puskesmas Selatpanjang, Kepulauan Meranti, Riau. Kamis (13/12/2018) di Grand Meranti Hotel.

"Deteksi dini terhadap kemungkinan munculnya penyakit menular yang dapat menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) salah satunya dengan mengaktifkan SKDR," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Diskes) Kepulauan Meranti, Muhammad Fahri SKM, saat menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

Di Kepulauan Meranti, kata Fahri, penyelenggaraan SKDR sudah dilakukan sejak lama, dan saat ini juga migrasi SKDR telah berbasis web.

Sistem ini, berfungsi untuk mengirimkan informasi alert dari puskesmas jika terdeteksi penyakit yang dapat menyebabkan KLB sehingga dapat dilakukan respon dini untuk mencegah hal-hal tersebut.

"Jika ada alert muncul dari SKDR di puskesmas, dapat dilakukan verifikasi dan respon dini, agar transmisi penyakit dapat segera dihentikan sehingga masyarakat terlindungi," jelas dia.

Langkah antisipasi juga dilakukan pihak Diskes Kepulauan Meranti dengan menyurati dan mengimbau pihak Puskesmas untuk melaksanakan kegiatan yang berhubungan pencegahan penyakit.

"Partisipasi masyarakat dalam hal ini sangat diharapkan, seluruh masyarakat harus ikut andil dalam mengantisipasi dini timbulnya berbagai penyakit terutama penyakit menular," pungkasnya.(rtm2)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan