Lingkungan

Imlek, Cue Lak di Selatpanjang Berlangsung Meriah

MERANTI - Hari keenam menjadi hari imlek paling meriah di Selatpanjang. Dikenal juga dengan istilah cue lak. Ada arak-arakan tiga dewa, yakni Cho Se Kong, Tian Tho Wan Sue dan Lie Loh Chia. 

Para dewa ini ditandu beramai-ramai dan singgah di 24 kelenteng untuk sembahyang bersama sai kong atau imam kelenteng sekitar 15 menit. 

Selain itu ada juga arak arakan Barongsai, Reog Ponorogo, tarian naga, dan juga ratusan anak anak yang memakai pakaian adat lengkap dengan berbagai bentuk.

Jalan jalan protokol di Kota Selatpanjang dipenuhi dengan lautan manusia yang mengikuti pawai ritual tersebut atau bahkan ada yang hanya menyaksikan saja.


"Arak-arakan itu pagi. Star dan finishnya di Kelenteng Sejahtera Sakti," kata Ketua panitia pawai Dewa Cho Se Kong  2570/2019, Tjuan An SH.

Dijelaskan Tjuan An, untuk sistem keamanan yang diterapkan, mereka mempersiapkan mobil Ambulance dilengkapi dengan oksigen serta perawatnya, mobil Pemadam Kebakaran dan lengkap dengan racun apinya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diingini. (red)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan