Sosbud

Baznas Meranti Serahkan Sejumlah Bantuan pada Masyarakat Kurang Mampu

MERANTI - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) serahkan bantuan kepada masyarakat kurang mampu, bertempat di Halaman Masjid Agung Darul Ulum, Jalan Siak  Kelurahan Selatpanjang Kota, Kecamatan Tebing Tinggi  pada (2/5/2019) pagi.

Dalam Kesempatan itu turut hadir Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Kepulauan Meranti, Said Asmarudin, Ketua Baznas Kepulauan Meranti, Sunarto, Kepala Cabang Bank Riau Kepri Selatpanjang, Indra Gunawan, dan beberapa pejabat Pemkab Kepulauan Meranti lainnya.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Kepulauan Meranti, Said Asmarudin mengatakan kegiatan yang dilakukan Baznas ini sangat tepat, mengingat bulan suci Ramadhan sebentar lagi akan tiba.

"Kegiatan ini cukup tepat waktunya karena tidak lama lagi Ramadhan segera tiba. Banyak masyarakat kita yang tidak mampu memerlukan bantuan untuk menghadapi puasa," ujar Said.

Lebih lanjut dia mengajak agar masyarakat Kepulauan Meranti tidak ragu untuk menyalurkan zakatnya ke Baznas Kepulauan Meranti.

Sunarto selaku Ketua baznas Kepulauan Meranti mengatakan, kegiatan ini setiap tahun dilakukannya jelang Ramadhan ditahun ini pihaknya menyerahkan bantuan berupa beras sebanyak 5 kilo dan uang tunai.

"Untuk tahun ini kami menyerahkan bantuan sebanyak 385 orang untuk di Kecamatan Tebing Tinggi selain beras kami juga menyerahkan bantuan berupa uang tunai sejumlah Rp 250.000," tutur Sunarto.

Diceritakannya pula, beras tersebut diambil dari ladang yang berada di Kecamatan Rangsang Barat dan Rangsang Pesisir yang dikumpulkan oleh Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) kecamatan.

"Untuk Kecamatan-kecamatan lain juga akan dilakukan pada saat Bulan Ramadhan nantinya dan dengan bantuaan itu mudah-mudahan bisa membantu dan meringankan hidup para penerima bantuan tersebut," ungkapnya.

Tambah Sunarto lagi, Ada berapa zakat dari program yang disalurkan ke mustahiq, diantaranya Program Meranti Produktif, Meranti Konsumtif dan Program Meranti Cemerlang.

"Dalam Program Meranti Produktif ini mereka diberikan modal untuk membuka usaha. Setiap dua minggu sekali kita lakukan pendampingan dengan memberikan motivasi dan dorongan agar kedepannya bisa mengentaskan kemiskinan, mensejahterakan masyarakat dan mencerdaskan umat. Tidak hanya dibantu secara materi, tapi juga pembekalan secara kerohanian," kata Sunarto.

Selanjutnya Program Meranti Konsumtif, dimana program ini bersifat bulanan dan tahunan, setiap mustahiq akan diberikan 2 bentuk bantuan yaitu beras dan uang tunai.

Namun tak sampai disitu saja, Baznas juga sudah menjalankan Anak-anak Sekolah yang betprestasi dan kurang mampu dibiayai pihaknya untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi.

"Selain program zakat, kami juga menyekolahkan Anak-anak yang kurang mampu apa lagi berprestasi untuk ke tingkat fakultas khususnya dibidang agama. Mereka kita pondokkan ke pesantren," bebernya lagi.

Terkahir, ia juga menyampaikan rasa terimaksihnya kepada seluruh donatur yang menyerahkan zakat lewat Baznas, dan sejauh ini sudah banyak bahkan ribuan orang mengeluarkan zakat kepada pihaknya.(rgc)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan