DPRD Bengkalis

Sofyan Jadi Narasumber Workshop di Politeknik Negeri Bengkalis

Bengkalis - Wakil Ketua DPRD Bengkalis Sofyan menjadi narasumber dalam mata kuliah Workshop pada mahasiswa Program Studi D-IV Akuntansi Keuangan Publik Politeknik Negeri Bengkalis dengan tema "Peran DPRD dalam Perencanaan dan Penetapan Anggaran Pemerintah Kabupaten Bengkalis", Kamis (21/10/2021).

Dengan digelarnya workshop ini, salah satu Dosen Polbeng Lutfi berharap mahasiswa dapat lebih mengetahui akuntansi dari segi pengelolaan sektor publik serta berinteraksi langsung dengan pemangku kepentingan DPRD Kabupaten Bengkalis untuk mendalami peran-peran DPRD di pemerintahan serta Sharing terkait dunia kerja.

"Kami ingin bersinergi dengan DPRD karena DPRD memiliki peran penting dalam penetapan anggaran APBD di Kabupaten Bengkalis, dan sebagai wakil ketua DPRD Bengkalis Bpk. Sofyan kami yakini merupakan orang yang tepat untuk menyampaikan materi ini," tambah salah satu dosen Endang.

Sofyan mengucapkan selamat datang kepada dosen dan mahasiswa ke rumah rakyat ini untuk berdiskusi terkait peran dan fungsi DPRD sesuai aturan yang berlaku, karena tidak menutup kemungkinan bahwa mahasiswa nantinya akan menjadi penerus estafet kemimpinan di Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Selanjutnya Sofyan memaparkan satu persatu materi secara umum, ia menjelaskan DPRD adalah bagian dari simbol pemerintahan daerah yang terbagi dua yaitu eksekutif dan legislatif beserta perangkatnya. DPRD sebagai legislatif memberikan masukan kepada pemerintah daerah terkait pengelolaan pemerintahan dan kedudukannya setara dengan eksekutif dalam pemenuhan tanggung jawab.

"DPRD sebagai organisasi politik yang dipilih olah masyarakat berjuang menyuarakan aspirasi masyarakat dari 11 kecamatan di Kabupaten Bengkalis melalui wakil-wakilnya di DPRD," terang Sofyan

Berorientasi kepada prioritas masyarakat, Sofyan menyampaikan 3 tugas pokok dan fungsi DPRD yaitu legislasi, anggaran, dan pengawasan, terkhusus lebih di detailkan kepada fungsi anggaran yang keterkaitannya lebih besar ke mata kuliah yang dibahas saat ini, seperti fungsi anggaran, prinsip penyusunan APBD, serta tahapan penyusunan APBD.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab bersama mahasiswa dan dosen dan serta ditutup dengan foto bersama. Turut hadir dalam workshop ini Kepala Bagian Humas dan Protokoler M. Faisal Goustari.**

Laporan: Anang



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan