DPRD Meranti

Anggota DPRD Meranti Minta Kerusakan Pelabuhan Peranggas Segera Diperbaiki

SELATPANJANG - Jembatan dan dermaga pelabuhan di Dusun Peranggas, Desa Lemang Kecamatan Rangsang Barat sudah rusak parah dan belum mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah.

Warga setempat menyebutkan kondisi jembatan berbahan kayu tersebut sudah rusak bertahun-tahun lamanya.

Untuk diketahui, pelabuhan tersebut menjadi akses utama bagi masyarakat di beberapa desa di Kecamatan Rangsang Barat dan Rangsang Pesisir untuk mendistribusikan barang kebutuhan primer maupun sekunder.

Salah seorang pemuda Dusun Peranggas, Adam mengharapkan kepada pemerintah daerah untuk membangun baru pelabuhan Peranggas, menurutnya itu merupakan pelabuhan tersibuk di Pulau Rangsang dan menjadi urat nadi dan berarti sebagai penggerak roda perekonomian masyarakat.

"Kami berharap pemerintah bergerak cepat untuk mengatasi memperbaiki jembatan pelabuhan ini, kalau sudah ambruk otomatis akan menghambat segala kegiatan di Rangsang Barat," ujar Adam.

Adam juga menyebutkan terhadap kerusakan itu, warga sekitar yang selama ini bekerja sebagai buruh bongkar muat di pelabuhan tersebut mengaku khawatir jika sewaktu-waktu dermaga ambruk.

Menurutnya, sudah 5 tahun lebih dermaga rusak, dan kondisi saat ini semakin parah bahkan tanda-tanda akan ambruk sudah terlihat. Selain lantai yang lapuk, tiang jembatan pelabuhan juga keropos.

Adam mengungkapkan beberapa pejabat pemerintah sudah pernah turun melihat kondisi dermaga. Ia heran hingga kini belum terlihat adanya rencana pemerintah untuk memperbaiki.

Melihat kondisi itu, Anggota DPRD Kepulauan Meranti, Sopandi Rozali mengaku selama ini telah memantau kondisi kerusakan tersebut.

Menurutnya dermaga pelabuhan Peranggas yang merupakan urat nadi masyarakat Rangsang Barat dan Rangsang Pesisir sudah tidak layak lagi dan harus dibangun baru.

Selain sebagai tempat turun naik penumpang, pelabuhan itu juga menjadi akses para buruh angkut untuk mencari nafkah. Terlebih lagi pelabuhan yang rusak bertahun-tahun itu belum pernah dibangun sejak pemekaran Kepulauan Meranti hanya direhab ringan. Untuk itu kata Sopandi penting kiranya akses pelabuhan tersebut menjadi perhatian khusus bagi pemerintah setempat.

"Pelabuhan Peranggas merupakan pelabuhan sentral masyarakat Rangsang barat dan Rangsang Pesisir menuju ke ibukota kabupaten Kepulauan Meranti, seharusnya dinas terkait harus menyingkapi kebutuhan masyarakat karena pelabuhan ini tempat lalu lalang masyarakat. Untuk itu kami mendesak agar ini cepat dibangun," ujar Sopandi, Senin (21/3/2022).

Anggota Komisi II DPRD Kepulauan Meranti itu juga mengatakan hingga saat ini dinas terkait juga belum mengeluarkan larangan melintas di pelabuhan tersebut, sehingga sangat krusial bagi keselamatan pengguna jasa

"Jembatan dan dermaga pelabuhan ini harus cepat dilakukan penanganan. Aktifitas disini sangat padat, sementara kondisinya sudah tidak layak. Jangan sampai sudah terjadi kecelakaan, pemerintah baru sibuk," pungkasnya. **



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan