DPRD Meranti

Wakil Ketua DPRD Meranti Sayangkan Pernyataan Bupati Soal Tolak Bantuan Pemprov

MERANTI - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, Iskandar Budiman SE menyayangkan pernyataan dari Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil SH MM soal menolak bantuan pendidikan dan kesehatan dari Pemerintah Provinsi Riau.

"Gunakan hati nurani karena penolakan bantuan pendidikan dan kesehatan dari Pemprov Riau itu untuk masyarakat bukan untuk bupati, jadi kenapa ditolak? Menurut saya jika bantuan itu ditolak yang rugi adalah masyarakat," ungkap Iskandar yang juga Ketua DPD II Partai Golkar Meranti itu, Minggu (03/04/2022).

Alasan bupati Meranti menolak bantuan pendidikan dan kesehatan, ucap Iskandar, juga tak masuk akal. Hanya karena bupati Meranti meminta agar Pemprov Riau menyelesaikan pembangunan infrastruktur Jalan Poros Alai-Mengkikip dan bantuan lainnya dianggapnya tanggung. Sehingga, H Adil sempat mengucapkan menolak bantuan Pemerintah Provinsi Riau yang lainnya, meliputi bantuan pendidikan dan kesehatan.

"Ini sama saja menolak rezeki. Saya yakin bupati Meranti tau bahwa proses pembangunan itu tidak main sulap, sekali baca mantra langsung jadi. Semuanya bertahap, begitu juga Jalan Poros Alai - Mengkikip, pembangunannya bertahap. Setahu saya tahun ini dianggarkan sebesar Rp 22 miliar untuk pembangunan jalan tersebut," ungkap Iskandar.

Iskandar juga menjelaskan, munculnya bantuan pendidikan dan kesehatan dari Pemprov Riau juga melalui proses, tidak asal muncul bantuan itu. Prosesnya, bantuan pendidikan dan kesehatan itu ada karena diusulkan Pemkab Kepulauan Meranti ke Pemprov Riau.

"Sekarang begitu bantuan pendidikan dan kesehatan itu disetujui, malah ditolak. Jadi, saya tak habis pikir, dimana hati nurani seorang pemimpin," ujar Iskandar.

Salah satu visi dan misi bupati Meranti, kata Iskandar, ingin mencerdaskan masyarakat Meranti, tapi kenapa bantuan pendidikan ditolak. "Ini sangat ironis dan bertolak belakang," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, saat membuka Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Ballroom Afifa Futsal Sport Center, Jalan Banglas, Selatpanjang, Kamis (31/3/2022) lalu, Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil SH MM menitip salamnya kepada Gubernur Riau, Syamsuar lewat narasumber Litbang Bappeda Provinsi Riau.

"Besok provinsi tak usah bantu yang lain-lain lagi, satu jalan aja, itu Jalan Alai-Mengkikip, tak usah banyak-banyak," kata Adil.

"Jangan dibantu yang lain, bilang kan salam saya sama pak gubernur. Cukup jalan Alai-Mengkikip satu aja, tak usah banyak-banyak, itu ada 24 kilo," sambung Adil.

Adil juga menyampaikan, walaupun pihaknya berharap infrastruktur Jalan Poros Alai-Mengkikip dibantu, namun ia menolak bantuan Pemerintah Provinsi Riau lainnya yang meliputi bantuan pendidikan, kesehatan.

"Provinsi ini APBD nya Rp 10 triliun bantunya Rp 3 miliar, ngomong nya ratusan miliar. Itu Bappeda, beasiswa dari Riau cuma 4 orang dan tahun depan jangan dibantu lagi, itu yang 4 orang segera selesaikan. Meranti membantu 5.000 S1, 500 master dan 200 dokter, nanti tolong sampaikan dengan pak Syamsuar, kalau tanggung-tanggung tak usah membantu disini. Kesehatan Meranti juga nggak perlu dibantu, sudah sehat semua, pendidikan sudah cerdas Meranti," ujar Adil. 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan