Sosbud

Semaraknya Gema Takbir Idul Fitri 1444 H di Kamter Renak Dungun

Jamaah Masjid Istiqomah salam-salaman usai melaksanakan Salat Idul Fitri 1444 H, Sabtu (22/4/2023).

MERANTI - Gema Takbir Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah terdengar hingga ke pelosok desa di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Dari pantauan di lapangan, Sabtu (22/4/2023) di Masjid Istiqomah, Desa Renak Dungun, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti menjelang pelaksanaan Salat Idul Fitri suara takbir sudah menggema sejak dini hari.

Sebelum pelaksanaan salat sunah berjamaah di masjid, masyarakat setempat juga melaksanakan tradisi berkunjung ke rumah sanak saudara (yang tua mengunjungi yang muda).

Selanjutnya, pelaksanaan Salat Idul Fitri dilaksanakan sekitar pukul 07.40 WIB, dengan petugas yang bertindak sebagai imam, Iskandar, khatib Tarmizi, dan bilal Suprizal.

Tarmizi selaku khatib dalam khutbahnya menyampaikan beberapa point penting dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

"Mari kita bertakwa kepada Allah SWT dengan mengerjakan perintahnya dan meninggal larangannya," ajaknya.

Di hari yang mulia ini, Khatib juga mengingatkan kepada jamaah untuk mendatangi dan meminta ampun kepada orang tua yang masih ada, namun tetap dengan mendoakan bagi yang telah tiada.

Khatib juga mengingatkan meski bulan Ramadan telah berlalu namun jangan sampai menyurutkan semangat beribadah karena beribadah tidak hanya di bulan Ramadan saja.

"Orang yang takut kepada Allah adalah orang yang menjalankan perintah Allah SWT dan meninggalkan larangannya," ingatnya.

Selanjutnya khatib juga mengingatkan pentingnya dan agar tetap menjaga tali silaturahim, karena orang yang memutuskan silaturahmi tidak diterima amalannya oleh Allah SWT. 

"Jika tidak mau menyambung tali silaturahim maka tidak ada gunanya ibadah kita," pungkasnya.

Usai melaksanakan Salat Idul Fitri, jamaah juga melaksanakan ziarah kubur secara bersama. Kemudian untuk besok harinya tepatnya pada hari raya kedua akan dilaksanakan baraan atau kunjungan rumah ke rumah dengan pembacaan doa bersama. (wan) 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan