Politik

KPUD Silaturahmi ke Rumah Restorasi NasDem Rohil Bahas Persiapan Pemilu

KPUD Rohil silaturahmi ke Rumah Restorasi Partai NasDem Rohil.

BAGANSIAPIAPI - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melakukan kunjungan silaturahmi ke Partai Nasional Demokrat (NasDem) Rohil dalam rangka menyongsong persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Komisioner KPUD Rohil dan rombongan diterima langsung oleh Ketua NasDem Rohil, Basirun Nur Efendi bertempat di Rumah Restorasi NasDem, Bagansiapiapi, Selasa (29/3/2022).

Komisioner KPUD Rohil, Eka Murlan menjelaskan, kegiatan silaturahmi itu awalnya sudah dilaksanakan oleh KPUD Riau dan diikutsertakan oleh KPUD kabupaten/kota se-Riau. 

“Untuk di Rohil, kami sudah memulai dari Hari Selasa yang lalu dan hari ini partai ke 11 yang kami kunjungi. Insyaallah kami akan berkunjung ke seluruh partai politik yang ada di Rohil,” ucapnya. 

Selain silaturahmi, sebut Eka, tujuan kunjungan tersebut adalah untuk menyampaikan kesiapan-kesiapan KPU RI, KPUD Provinsi dan KPUD Rohil dalam menyongsong tahapan-tahapan Pemilu 2024. 

“Pasca disepakati antara KPU RI, Pemerintah dan DPR bahwasanya hari pemungutan suara ditetapkan pada tanggal 14 Februari 2024. Mengacu pada Undang-Undang, tahapan itu dimulai 20 bulan sebelum hari pemungutan suara. Jika kita hitung mundur, maka diperkirakan pada Bulan Juni 2022 ini,” paparnya. 

Eka Murlan menyampaikan, tahapan awal yang sudah dilakukan KPUD Rohil adalah menyusun rancangan peraturan PKPU. Sementara ada delapan PKPU yang sudah dirumuskan.

Lanjut disampaikan, pada Bulan Agustus mendatang akan ada tahapan verifikasi partai politik dan tahapan pendaftaran. 

Pada kunjungan tersebut, KPU Rohil juga menyampaikan beberapa hal-hal penting yang perlu dipersiapkan partai politik meskipun sebagian besar sudah mempersiapkan. 

“Kami hanya sekedar mengingatkan dan menyampaikan hal-hal yang perlu menjadi perhatian diantaranya masalah kepengurusan dan keberadaan kantor partai politik mulai di tingkat kabupaten dan kecamatan. Kemudian masalah keanggotaan partai politik yang dikawatirkan terjadi kegandaan,” ujar Komisioner KPUD Rohil. 

Untuk itu, KPU Rohil menghimbau untuk perekrutan atau mencari keanggotan harus benar-benar dicari masyarakat yang mendukung satu partai politik. 

“Masyarakat yang menjadi anggota dua partai politik akan berdampak pada keabsahan dukungan tersebut. Inilah yang menjadi hal-hal penting yang kami ingatkan pada partai politik agar dapat dipersiapkan,” sebut Eka Murlan. 

Ketua NasDem Rohil, Basirun Nur Efendi mengatakan, agenda disilaturahmi KPUD Rohil adalah menyampaikan pra verifikasi untuk persiapan-persiapan bagi setiap partai politik yang akan ikut kontestasi di 2024.

“Insyaallah Partai NasDem Rohil akan mempersiapkan yang diperlukan sesuai penyampaian dari KPUD. NasDem juga merupakan salah satu partai politik di Rohil yang akan ikut kontestasi di 2024,” sebutnya. (rif) 



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan