Sosbud

Ratusan Muslim di Meranti ikuti Tarhib Ramadhan dan Aksi Solidaritas Palestina

MERANTI - Ratusan kaum muslimin Kepulauan Meranti yang tergabung dalam kegiatan Tarhib Ramadhan berpawai menyambut Ramadhan 1439 H/2018 M. Mereka mengingatkan masyarakat arti penting bulan suci Ramadhan.

Dalam kegiatan itu, massa yang turun kejalan juga menggelar aksi solidaritas dan penggalangan dana untuk saudara muslim Palestina.

Aksi bela Palestina kali ini merupakan aksi protes terhadap Amerika Serikat yang memutuskan untuk memindahkan Kedubes AS untuk Israel ke Al Quds. Pemindahan itu diiringi dengan pengakuan Al Quds sebagai Ibu Kota Israel.

Massa yang terdiri dari perwakilan sekolah, Ormas, dan jemaah mesjid yang ada di kota Selatpanjang ini berkeliling Kota Selatpanjang sembari membawa aneka spanduk, bendera kalimat tauhid, bendera Indonesia dan bendera Palestina.

Peserta Tarhib Ramadhan tersebut berjalan di sepanjang jalan utama Kota Selatpanjang sambil berorasi menyerukan untuk bersiap-siap menyambut Ramadhan dan teriakan kemerdekaan atas Negara Palestina sambil mengumpulkan sumbangan dari warga.

"Kami mengajak mari kita tingkatkan toleransi umat beragama dengan tidak mengadakan kegiatan yang mengganggu kekhusyuan berpuasa dan ibadah lainnya," kata Kordinator aksi, Dasuki Choki SH, Sabtu (12/5/2018).

"Selain itu kami juga mengajak kaum muslimin untuk peduli dengan saudara seiman kita yang berada di Palestina, dimana mereka berada dibawah tekanan zionis Israel, untuk itu mari kita berdoa agar musuh Allah itu dihancurkan," katanya lagi, seraya disambut dengan kalimat takbir oleh massa aksi.

Aksi yang mendapatkan pengawalan dari pihak Polres Kepulauan Meranti ini berjalan tertib dan aman.

Koordinator aksi juga mengungkapkan penggalangan dana itu dilakukan massa sebagai bentuk kepedulian umat muslim di Kepulauan Meranti terhadap tekanan ekonomi akibat isolasi Israel yang saat ini masih dialami oleh rakyat Palestina.

"Alhamdulillah, warga sangat antusias dalam memberikan sumbangsih nya. Mulai dari pemilik toko sampai kepada tukang becak. Dari penggalangan dana ini total uang yang terkumpul sebanyak

Rp10.607.950 dan akan kami kirim langsung ke rekening Sahabat Al Aqhsa Yayasan," kata Dasuki.

Kegiatan yang digelar oleh Yayasan Fitrah Madani Meranti (YFMM) yang bekerjasama dengan Remaja, Pemuda Mesjid Agung dan Rumah Zakat ini juga menggelar berbagai kegiatan seperti Karantina Daurah Tahfidz Al Quran dan Sunat Massal.

Ketua Yayasan Fitrah Madani Meranti (YFMM), Ustadz H Ahmad Fauzi SAg mengatakan Karantina Daurah Tahfidz Al Quran dan Sunat Massal juga dilaksanakan dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

"Daurah Tahfidz Al Quran digelar untuk menuju 1000 penghafal Al Quran Dari Kabupaten Kepulauan Meranti, para santri sebanyak 40 orang di asramakan di Kompleks Mesjid Agung Darul Ulum selama 2 minggu, mereka akan menghafal ayat Al Quran yang didampingi hafidz dan hafidzah," kata Fauzi.

"Selain menggelar Daurah Tahfidz, kita juga mengadakan sunnat massal bagi kaum Duafa dan Muallaf, Alhamdulillah pesertanya sangat antusias, sebanyak 87 anak berhasil di khitan. Kegiatan ini semua merupakan kegiatan rutin yang kita lakukan dalam menyambut Ramadhan," katanya lagi.(rls/red)



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan