Opini

Alam Melayu

Penulis : Diana Marito
Jurusan : Budidaya Perairan
NIM : 2104114122
Universitas Riau

     Secara filosofis, alam merupakan kawasan substansi yang tersusun dari materi dan bentuk yang ada di langit dan bumi. Sedangkan menurut pandangan Islam,Alam adalah segala bentuk yang ada atau dianggap ada oleh manusia di dunia ini selain Allah beserta Dzat dan sifat-Nya.

     Jadi, Alam Melayu adalah kawasan yang menerima pengaruh Hindu dan Budha, akan tetapi dengan kedatangan Islam Ia telah berjaya merubah kawasan ini menjadi pusat perkembangan Islam sehingga dikatakan kebangkitan tamadun Melayu ini sejalan dengan berkembangnya Islam di nusantara. Perkembangan agama Islam di alam Melayu sebenarnya berlangsung dalam jangka waktu yang panjang dan melalui berbagai peristiwa.

    Sistem sosial masyarakat di alam Melayu pada masa tersebut terbagi menjadi dua golongan,yaitu:
-Golongan raja dan bangsawan sebagai pemerintah.
-Golongan rakyat biasa sebagai orang yg di perintah.

Keadaan ini berlangsung kurang lebih 13 abad di alam Melayu dan selama itu pula perilaku sosial masyarakat melayu diiringi oleh tamadun India. Kemudian kedatangan Islam telah mengalihkan arah arah pusat tamadun India menjadi taman Melayu Proses Islamisasi di Arab Melayu telah merubah tatanan kehidupan orang Melayu dalam berbagai aspek kehidupan.

Kedatangan Islam adalah revolusi besar dalam masyarakat melayu kitab suci Al-Qur'an telah menjadi pedoman dasar di alam Melayu sebagaimana yang dikatakan oleh oleh para ahli Melayu bahwa perubahan mendasar yang terjadi di alam Melayu terlihat pada kebudayaan,yakni:

1. Islam mengikis kebudayaan kuno,
2. Istilah memperbaiki dan menyempurnakan kebudayaan Melayu kuno,
3. Islam menciptakan kebudayaan baru dalam kebudayaan Melayu.

     Pengertian Melayu sangat banyak di antaranya sebagai salah satu dari beberapa suku atau etnik yang ada di Alam Melayu seperti Jawa, Aceh, Bugis, Makasar, Bali, Batak, Minangkabau dan sebagainya. Kemudian makna Melayu juga. ditujukan kepada mereka yang mendiami Riau dan kepulauannya di pantai timur Sumatera yang bertutur 6 dalam bahasa Melayu sebagai bahasa pertama dan bahasa ibunya. Pengertian Melayu lain adalah mereka yang mempunyai tiga ciri-ciri utama

 (1) yang bertutur dan menjadikan bahasa Melayu sebagai bahasa pertama; 
 (2) beragama Islam; dan
 (3) berpegang kepada adat resam.

 Meskipun berasal dari Arab, India, China, Eropah dan lainnya akan tetapi setelah memenuhi ketiga syarat tersebut maka jadilah orang Melayu ataupun 'masuk Melayu'. Ada pula pengertian Melayu membawa maksud kepada satu kelompok bangsa yang besar(ras) atau ''rumpun bangsa''.

     Masyarakat di Alam Melayu mementingkan segala sesuatu yg menggunakan akal,pemahaman ilmu metafisik,serta pandangan hidup pada akal sehat.Dalam melakukan suatu pekerjaan mereka akan melakukan nya secara ikhlas dan bersungguh sungguh.Institusi-institusi baru juga turut muncul seperti masjid,surau,madrasah,dll yg memainkan peran utama dalam hubungan masyarakat Melayu.

Sekian pembahasan yg dapat saya jelaskan mengenai Alam Melayu,saya harap informasi ini berguna bagi para pembaca yg ingin mengetahui apa itu alam melayu dan pentingnya alam melayu.

Terima kasih.



[Ikuti RiauTime.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 082387131915
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan RiauTime.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan